Berita DPRD Kalimantan Timur

Komisi I dan KPID Kaltim Kunker ke DPRD Sulsel, Sharing tentang Organisasi dan Regulasi Penyiaran

Editor: Diah Anggraeni
Komisi I DPRD Kaltim saat melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (17/6/2021). Kunjungan ini dalam rangka sharing tahapan pelaksanaan seleksi anggota komisioner KPID Kaltim yang akan berakhir pada awal tahun 2022.

TRIBUNKALTIM.CO - Komisi I DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (17/6/2021).

Rombongan dipimpin Jahidin dan Yusuf Mustafa dan dihadiri Rima Hartati dan Muhammad Udin, didampingi sejumlah komisioner KPID Kaltim.

Kedatangan rombongan diterima oleh Komisi A DPRD, KPID serta Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Provinsi Sulsel.

Baca juga: Seno Aji Hadiri Gelar TTG VII Provinsi Kaltim, Berharap UMKM Implementasikan Teknologi di Daerah

Ketua Komisi I DPRD Kaltim Jahidin mengatakan, kunjungan kerja tersebut dalam rangka sharing tahapan pelaksanaan seleksi anggota komisioner KPID Kaltim yang akan berakhir pada awal tahun 2022.

"Komisi I bersama KPID ingin mendengar langsung apa saja yang diperlukan dalam mekanisme dan tahapan rekruitmen anggota. Melihat masa kerja yang hanya beberapa bulan ke depan, maka dinilai perlu kerja cepat," tuturnya.

Salah seorang komisioner KPID Kaltim, Akbar Ciptanto mengatakan, keberadaan TV kabel membuat ada konflik horizontal.

Banyak TV kabel di Kaltim yang tidak berizin.

KPID pun dilematis yang mana satu sisi telah melakukan teguran, namun di sisi lain masyarakat masih membutuhkan.

Baca juga: Sampaikan Keluhan Masyarakat, Komisi IV Sambangi Kantor BPJS Kesehatan Regional VIII Kalimantan 

Berbeda dengan daerah lain, dengan kondisi geografis Kaltim terutama warga pedalaman dan perbatasan sangat kekurangan dalam kaitan infromasi khususnya siaran televisi, sehingga mau tidak mau mereka menggunakan jasa TV kabel

"Kami (KPID Kaltim, red) ingin mengetahui apa yang dilakukan KPID Sulsel yang kemungkinan bisa nantinya diterapkan di Kaltim. Dengan sisa masa waktu beberapa bulan ke depan ingin memberikan yang terbaik, tidak hanya bagi lembaga, tetapi untuk kepentingan masyarakat umum," jelasnya. (adv)