Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja Dilanjutkan hingga Akhir Tahun 2021, Simak Syarat dan Cara Daftarnya

Editor: Diah Anggraeni
Ilustrasi. Tindak lanjut dari keputusan pemerintah untuk menerapkan PPKM Darurat di Jawa dan Bali, pemerintah akan membuka pendaftaran program Kartu Prakerja bagi 2,8 juta peserta.

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah akan melanjutkan program Kartu Prakerja hingga akhir tahun 2021.

Kebijakan itu merupakan tindak lanjut dari keputusan pemerintah untuk menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali sepanjang 3-20 Juli 2021.

Baca juga: Beredar Kabar Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Dibuka, Simak Penjelasannya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memaparkan, pihaknya telah mengalokasikan Rp 10 triliun untuk pendaftaran program Kartu Prakerja bagi 2,8 juta peserta.

"Pada semester II ini dan berkaitan juga dengan PPKM darurat, kami berharap akan bisa tersalurkan 10 triliun lagi untuk 2,8 juta peserta," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Jumat (2/7/2021).

Seperti diketahui, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan total Rp 3,55 juta yang akan disalurkan dalam empat bulan.

Total bantuan tersebut terdiri dari bantuan manfaat pelatihan Rp 1 juta, insentif pasca pelatihan Rp 2,4 juta yang diberikan Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

Sri Mulyani menjelaskan, selama semester I-2021, insentif Kartu Prakerja telah tersalurkan Rp 10 triliun untuk 2,8 juta peserta.

Syarat dan Cara Mendaftar Kartu Prakerja bagi Anda yang berminat untuk mendaftar program Kartu Prakerja, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah syarat mendaftar Kartu Prakerja:

- Warga negara Indonesia

Halaman
12