Berita Pemkab Mahakam Ulu

Jalan Ujoh Bilang-Long Melaham Bakal Menjadi Dua Jalur, Pelebaran Akan Dilakukan pada 2022

Editor: Diah Anggraeni
Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu berencana meningkatkan ruas jalan Ujoh Bilang - Long Melaham atau dari simpang Tikah Ujoh Bilang hingga Kampung Long Melaham. Ruas jalan ini rencananya akan dilebarkan menjadi dua jalur pada 2022 mendatang.

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) berencana meningkatkan ruas jalan Ujoh Bilang - Long Melaham atau dari simpang Tikah Ujoh Bilang hingga Kampung Long Melaham.

Ruas jalan itu rencananya akan dilebarkan menjadi dua jalur pada 2022 mendatang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (DPUPR & KPP) Mahulu, Deckty Toge Manduli.

"Yang ada sekarang lebarnya 7 meter, nanti dilebarkan menjadi 14 meter dan dua jalur," katanya.

Baca juga: Bekerja Sama dengan Universitas Terbuka, Bupati Buka Seleksi Penerima Beasiswa GCM TNP

Deckty menjelaskan, ruas jalan dari simpang Tikah ke Long Melaham masuk dalam daftar penataan kota yang mana harus dilebarkan menjadi dua jalur, dengan menggunakan dana APBD.

"Sudah masuk dalam perencanaan kita. Pembangunannya dilakukan secara bertahap," katanya.

Hal itu, lanjutnya mengingat kemampuan anggaran daerah yang terbatas.

Disebutkan, untuk peningkatan ruas jalan Simpang Tikah ke Kampung Long Melaham sepanjang kurang lebih 17 kilometer itu, ditaksir akan menelan biaya hingga Rp 150 miliar.

Ia merincikan, untuk membangunan ruas jalan standar (menjadi aspal) di Mahulu khususnya ibu kota kabupaten, satu kilometernya menelan biaya Rp 8 miliar.

"Tingginya harga pembangunan di Mahulu, disebabkan mahalnya biaya angkut material ke Mahulu," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Mahulu Dukung Kajian Hidrologi dan Kehati DAS Mahakam

Karena dilakukan bertahap, kata Deckty, progres peningkatan jalan itu ditargetkan baru akan rampung pada tahun 2024 - 2025 mendatang.

Deckty pun menjelaskan, jalan itu akan dibuat menjadi dua jalur selain karena masuk dalam penataan, juga bakal menjadi ikon ibu kota Mahulu.

"Ujoh Bilang adalah ibu kota kabupaten. Makanya sudah sewajarnya memiliki jalan dua jalur. Apalagi jalan ini merupakan jalan utama bagi masyarakat," tukasnya. (adv)