Berita DPRD Kalimantan Timur

Seno Aji Hadiri Musrenbangdes di Kukar, Perlu Upaya agar Ekonomi Kerakyatan Bisa Berjalan Baik

Editor: Diah Anggraeni
Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji saat menghadiri acara musyawarah perencanaan pembangunan desa yang dilaksanakan di Pendopo Agro Wisata Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Rabu (7/7/2021) lalu. Kegiatan ini dalam rangka membahas dan menyepakati rancangan rencana kerja pemerintahan desa tahun 2022.

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji saat menghadiri acara musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) yang dilaksanakan di Pendopo Agro Wisata Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (7/7/2021) lalu.

Kegiatan itu digelar dalam rangka membahas dan menyepakati rancangan rencana kerja pemerintahan desa (RKPDes) tahun 2022.

Acara musrenbangdes yang dipimpin Kepala Desa Batuah Abdul Rasyid tersebut dihadiri sejumlah anggota DPRD Kukar, perwakilan Pemkab Kukar, perwakilan perusahaan tambang, babinsa, jajaran perangkat desa, dan sejumlah kepala dusun.

Baca juga: Sutomo Jabir Temui Warga Bontang, Serap Aspirasi di Daerah Pemilihannya

Dalam sambutannya, Kepala Desa Batuah Abdul Rasyid mengatakan bahwa sesuai edaran gubernur Kaltim terkait masa PPKM, maka acara musrenbangdes diadakan di outdoor agar sirkulasi udara bisa maksimal.

Kemudian, ia menyatakan berpegang terhadap penganggaran parsitipatif, guna memastikan pembangunan sejalan dengan visi misi sesuai dengan RPJMDes melalui tahapan-tahapan secara detail.

"Tentu kami melakukan melalui tahapan-tahapan dengan anggaran sesuai kebutuhan dan tertuang dalam RPJMDes dan semua kami pastikan terbangun. Oleh karena itu, sengaja kami undang Wakil Ketua DPRD Kaltim Bapak Seno Aji dan anggota DPRD Kukar karena agar semua terlibat bersinergi membangun desa khususnya Batuah," beber Abdul Rasyid.

Ia berharap dengan hadirnya DPRD baik dari tingkat provinsi maupun kabupaten dapat melihat dan mampu membantu melauli dana aspirasi serta dari pihak perusahaan dapat membantu dari program CSR, baik fisik maupun program pemberdayaan dan pelatihan.

Abdul Rasyid juga mengimbau semua pihak untuk konsen menyampaikan ke masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Baca juga: Hilangkan Paradigma Kesenjangan Antardaerah, Kemudahan Akses Informasi Berhak Didapatkan Masyarakat

Selanjutnya, Seno Aji dalam sambutanya mengatakan, pembangunan desa sangat penting, apalagi saat ini prioritas pemerintah pusat adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Namun jika tidak ditunjang masyarakat desa, maka tidak akan stabil.

Dikatakan politikus partai Gerindra tersebut, 60 persen dari perekonomian Kaltim ditunjang oleh batu bara, minyak dan gas bumi serta kelapa sawit.

Dari tiga faktor itu, apabila harganya turun maka pendapatan Kaltim otomatis turun.

Oleh karena itu, perlu upaya agar ekonomi kerakyatan bisa berjalan baik. (adv)