Berita Kaltara Terkini

Investasi Besar di Kalimantan Utara Diharapkan Ada Transfer Pengetahuan

INVESTASI - Kabid Perencanaan Promosi dan Kerja Sama Penanaman Modal DPMPTSP Kaltara Hasan Basri, saat ditemui di ruang kerjanya, Tanjung Selor, Kalimantan Utara pada Kamis (5/8/2021).

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) digadang-gadang akan menerima guyuran investasi bernilai besar.

Menurut Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, nilai investasi di sektor energi terbarukan itu mencapai angka hingga Miliaran Dolar Amerika.

Diketahui salah satu investor datang dari Australia lewat perusahaan Fortescue Future Industries atau FFI, yang akan membangun PLTA di Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Malinau.

Menurut Kabid Perencanaan Promosi dan Kerja Sama Penanaman Modal DPMPTSP Kaltara Hasan Basri, saat ini pihak Pemprov Kaltara telah menjalin nota kesepahaman atau MoU dengan FFI.

Proses tahapan selanjutnya seperti proses pemberian izin lebih banyak berada di tingkat pemerintah pusat. Adapun di tingkat daerah, baik di tingkat Kabupaten dan Provinsi lebih banyak mengenai non-perizinan.

Baca juga: Cara Pelaku Pasar Modal Bisa Berinvestasi dan Menolong Sesama dalam Pandemi Covid-19

"Proses selanjutnya mereka urus izin lingkungan dan sebagainya," kata Kabid Perencanaan Promosi dan Kerja Sama Penanaman Modal DPMPTSP Kaltara Hasan Basri, Kamis (5/8/2021).

"Apalagi sekarang banyak kewenangan yang ditarik di pusat, jadi kita hanya memfasilitasi saja, jadi Kabupaten dan Provinsi lebih ke non-perizinan, selebihnya itu di pusat," tambahnya.

Kendati perizinan lebih banyak di tingkat pemerintah pusat, pihaknya mengaku akan mendukung penuh berbagai rencana investasi di Kaltara. "Tapi kita lihatlah nanti, pada prinsipnya Pemprov Kaltara membuka seluas-luasnya peluang investasi dengan daya dan regulasi yang ada," terangnya.

Dengan nilai investasi yang cukup besar, pihaknya menginginkan adanya transfer of knwoledge dalam segi teknologi dan sumber daya manusia.

Baca juga: Menteri Bahlil Sebut Bakal Ada Investasi Besar di Kaltara, Ini Bocorannya

Menurutnya hal tersebut akan diatur dalam lebih rinci di dalam isi kesepakatan antara pihak investor dengan Pemprov Kaltara dan Pemrintah Kabupaten. Memang nilainya besar sekali, nanti dilihat di butir-butir kesepakatannya.

"Tentu ada masukan dari teman-teman kabupaten, dan transfer knwoledge, baik teknologi dan tenaga kerja dan SDM yang profesional supaya perkembangan itu bisa dirasakan," tuturnya. (*)