Berita Pemkab Mahakam Ulu

Rapat Paripurna ke-18 DPRD Mahakam Ulu, Pemkab Sampaikan Rancangan KUPA dan PPAS APBD 2021

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wabup Mahulu Yohanes Avun saat menyampaikan Rancangan KUPA dan PPAS APBD Kabupaten Mahakam Ulu 2021 dalam Rapat Paripurna DPRD Mahulu ke-18 Masa Sidang II Tahun 2021, Rabu (25/08).

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Mahakam Ulu atau Mahulu diwakili Wabup Drs. Yohanes Avun, M.Si menyampaikan Rancangan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Mahakam Ulu 202 dalam Rapat Paripurna ke-18 Masa Sidang II Tahun 2021, Rabu (25/8/2021).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan,SE,M.Ba, Wakil Ketua II Martin Hat L.,ST.

Turut hadir Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos,MM, serta mengikuti secara virtual Wakil Ketua I DPRD Mahulu Tiopilus Hanya,S.AB,M.Si dan anggota DPRD Mahulu.

Baca juga: Sampaikan Nota Pengantar Rancangan KUA-PPAS, Wabup Sebut Ada Lima Prioritas Pembangunan di Mahulu

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., ME yang diwakili oleh Wabup Drs. Yohanes Avun, M.Si mengatakan, sesuai Peramendagri Nomor 64 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun Anggaran 2021, dalam rangka mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah guna mewujudkan pencapaian sasaran prioritas dan target kinerja pembangunan daerah yang terarah dan terintegrasi di dalam RPJMD Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2021-2026, maka pemkab menyampaikan nota pengantar penjelasan pemerintah tentang rancangan KUPA dan PPAS APBD-P Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2021.

Pada tahun anggaran 2021, jelasnya, fokus pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2021-2026 adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata dan berkeadilan berbasis nilai-nilai agama dan budaya.

Sampai 2021 ini, memperhatikan target dan realisasi pendapatan dan progres penyerapan belanja yang telah ditetapkan dalam APBD Murni 2021, maka Pemkab Mahulu perlu melakukan perubahan-perubahan dan penyesuaian APBD dan pembiayaan daerah dengan mempertimbangkan efektifitas  pembangunan serta efisiensi penggunaan anggaran pada tahun 2021.

Ditambah lagi pandemi Covid-19 yang sampai pada saat ini belum berakhir.

Baca juga: Pemkab Hibahkan 7 Hektare Lahan, Dukung Percepatan Pembentukan Polres Mahakam Ulu

Di akhir sambutan, Bupati Bonifasius menuturkan, dengan penyampaian nota pengantar penjelasan tentang rancangan KUPA dan PPAS APBD-P Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2021 beserta lampirannya, dapat dibahas bersama-sama antara legislatif dan eksekutif guna mencapai kesepakatan bersama.

“Dalam melaksanakan  program pembangunan yang telah ditetapkan di APBD-P Kabupaten Mahakam Ulu 2021 sesuai dengan fokus pembangunan 2021, peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata dan berkeadilan berbasis nilai nilai agama dan budaya, sesuai dengan RPJMD Kabupaten Mahakam Ulu Tahun 2021-2026, untuk mewujudkan visi pembangunan Kabupaten Mahakam Ulu Membangun Mahakam Ulu untuk Semua Sejahtera Berkeadilan, Semua ini kita laksanakan demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Mahakam Ulu yang kita cintai,” pungkas bupati. (adv)