News Video

NEWS VIDEO Penjelasan LIPI Soal Video Viral Lumba-Lumba Berwarna Pink

Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO - Sebuah video yang merekam lumba-lumba berwarna merah muda atau pink menampakkan diri di perairan, viral di media sosial.

Video itu dibagikan oleh akun Twitter @underwaterviews pada Kamis (2/9/2021).

"Spotting the rare pink dolphin," tulis pemilik akun tersebut.

Dalam video berdurasi 10 detik tersebut, terlihat kawanan lumba-lumba berwarna pink dan hitam terlihat di permukaan air.

Hingga Jumat (3/9/2021), unggahan video tersebut telah dilihat 56.000 kali, disukai lebih dari 2.000 kali, dan dibagikan 490 kali oleh warganet.

Baca juga: NEWS VIDEO Susi Pudjiastuti Kecam Video Lucinta Luna Renang Tarik Sirip Lumba-lumba

Lumba-lumba apa yang berwarna pink?

Peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Sekar Mira mengatakan, lumba-lumba pink itu bernama Sousa Chinensis.

Menurut dia, habitat mamalia ini ada di pesisir laut yang kedalamannya cukup dangkal. Distribusinya tersebar dari pesisir India hingga China.

"Habitatnya di coastel area dan neritic zone atau di daerah pesisir dengan kedalaman laut kurang dari 200 meter," kata Sekar saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

"Nah, Sousa Chinensis ini warna pink-nya didapatkan seiring usianya bertambah. Jadi yang pink itu individu yang sudah cukup dewasa. Justru kalau masih kecil/anakan itu warnanya masih abu-abu kehitaman," ujar dia.

Halaman
12