Berita Pemkab Mahakam Ulu

Wabup Yohanes Avun Resmikan Pasar Induk Kampung Ujoh Bilang

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Bupati Mahakam Ulu Yohanes Avun meresmikan Pasar Induk Kampung Ujoh Bilang, RT 15 Kecamatan Long Bagun, Rabu (8/9/2021). Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita.

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanes Avun, M.Si. mewakili Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., M.E. meresmikan Pasar Induk Kampung Ujoh Bilang RT 15 Kecamatan Long Bagun, Rabu (8/9/2021).

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita oleh Wabup Yohanes Avun.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh dalam sambutan tertulis yang dibacakan wabup berharap, Pasar Induk Kampung Ujoh Bilang dapat menjadi tempat transaksi yang layak tanpa harus menghilangkan ciri khas pasar rakyat.

"Sangat diperlukan upaya kita bersama agar keberadaan Pasar Induk Kampung Ujoh Bilang menjadi pasar yang bersih dan nyaman. Melalui relokasi Pasar Ujoh Bilang yang semula berada di RT 07 ke RT 15. Setelah proses relokasi pasar ini, saya harap lebih banyak warga berbelanja di pasar tanpa waswas atau risih karena lantai yang becek," ungkapnya.

Baca juga: Wujudkan Ketahanan Pangan di Mahulu, Kementerian Pertanian Beri Bibit Ternak dan Pertanian

Wabup juga berpesan agar fasilitas pasar segera dibenahi, juga penataan barang dagangan agar lorong pasar terbebas dari barang dagangan, sehingga konsumen nyaman untuk berlalu-lalang.

"Saya juga mengimbau para pedagang untuk mulai memvariasikan dagangannya," kata wabup.

Selain itu, seluruh unsur dalam pasar ini harus selalu perhatikan kebersihan, terutama sampah-sampah, demi kenyamanan bersama dan juga penerapan protokol kesehatan dalam lingkungan pasar.

"Seluruh elemen baik pengelola, pedagang dan pembeli dapat bersama-sama menjaga kebersihan, memberikan pelayanan yang ramah dan memuaskan, maka semua akan merasa lebih nyaman berbelanja di pasar ini," ujarnya.

Sementara itu dalam laporannya, petinggi Kampung Ujoh Bilang, Kelemen Ajang menyampaikan rasa syukurnya karena dapat meresmikan Pasar Induk Kampung Ujoh Bilang.

"Pasar ini merupakan relokasi dari semula di RT 07 Kampung Ujoh Bilang dipindahkan ke RT 15. Ini diperuntukkan sejak lama oleh pemerintah kampung untuk pasar," katanya.

Baca juga: Atasi Ketergantungan dari Luar Daerah, Mahulu Maksimalkan Lahan Ketahanan Pangan

Ia juga sangat berharap dengan adanya pasar induk dapat meningkatkan ketahanan ekonomi para petani lokal, para pedagang, khususnya di Kecamatan Long Bagun tanpa harus mengharapkan produk dari luar Kabupaten Mahulu.

Pada kesempatan ini, Wabup didampingi Camat Long Bagun Yason Liah, S.Hut., M.P.; Ketua BPK Kampung Ujoh Bilang Ja'ang, ketua RT, para pedagang Pasar Induk Kampung Ujoh Bilang. (adv)