Virus Corona di Samarinda

Kasus Covid-19 di Samarinda Terus Mereda, Sisa Kecamatan Samarinda Ulu Masuk Zona Merah

Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Samir Paturusi
Wakil WaliKota Samarinda, Rusmadi memantau kegiatan vaksinasi, mengimbau warga tetap taat prokes, meskipun kasus Covid-19 di Samarinda telah melandai.TRIBUNKALTIM.CO/HO/Rusmadi Wongso

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Samarinda terus mengalami penurunan, setelah melewati puncak pandemi pada periode bulan Juni hingga Agustus lalu.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Samarinda, hingga 12 September 2021 ini tersisa satu kecamatan yang berstatus zona merah, yaitu Kecamatan Samarinda Ulu.

Jumlah kasus positif saat ini di kecamatan itu pun berjumlah 52 kasus, yang tandanya hanya tinggal berkurang 2 kasus lagi, kecamatan tersebut akan terlepas dari zona merah.

Sedangkan tujuh kecamatan lainnya seperti Samarinda Kota, Samarinda Seberang, Samarinda Ilir, Sungai Pinang, Sambutan dan Palaran telah berstatus zona kuning dengan kasus aktif di bawah 25 kasus.

Sementara itu dua kecamatan yakni Sungai Kunjang dan Samarinda Utara berada pada zona oranye dengan jumlah sekitar 30 kasus.

Baca juga: Target 80 Persen Vaksinasi Tercapai Akhir Tahun, Satgas Covid-19 Harap Partisipasi Warga Balikpapan

Baca juga: Percepatan Vaksinasi, Poltekkes Kaltim Suplai 2000 Dosis Vaksin ke Dinkes Balikpapan

Baca juga: TNI AL Gelar Vaksinasi 1.100 Dosis Sasar Masyarakat Pantai Amal

Menurut Wakil WaliKota Samarinda, Rusmadi, meskipun jumlah kasus Covid-19 semakin berkurang setiap hari nya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan selalu patuh pada protokol kesehatan.

Rusmadi mengutip anjuran dari presiden RI, Joko Widodo yang mengingatkan, bahwa hingga saat ini tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan pandemi Covid-19 ini akan usai.

“Berkat kerja keras semua didukung masyarakat yang patuh, kasus mulai menurun dan sekarang tinggal satu kecamatan yang masih masuk zona merah, minggu depan kita harap sudah kuning semua,” ujarnya pada saat meninjau vaksinasi massal di SD Negeri 022, jalan Urip Sumoharjo, Samarinda Ilir, Minggu (12/9/2021).

“Walaupun sudah bisa dikatakan berhasil mengendalikan Covid-19, tetapi tetap harus berhati-hati dengan varian baru, tetap harus selalu prokes,” ungkap mantan Sekda Provinsi Kaltim itu lebih lanjut.

Halaman
12