CPNS 2021

CPNS di Berau, SKD Mulai Digelar 28 September, Biaya Tes Swab Antigen Gratis di Seluruh Puskesmas

Kepala BKPP Berau, Muhammad Said. Ia mengatakan, peserta yang yang akan mengikuti SKD di Berau sebanyak 1.872 orang dengan metode Computer Assisted Test (CAT)- Badan Kepegawaian Negara (BKN). TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pelaksanaan ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Berau, digelar pada 28 September hingga 7 Oktober mendatang.

Kepala BKPP Berau, Muhammad Said mengatakan, peserta yang yang akan mengikuti SKD di Berau sebanyak 1.872 orang dengan metode Computer Assisted Test (CAT)- Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Sudah kami umumkan pada 14 September lalu. Untuk titik lokasi ujian mandiri, digelar di Kantor BKPP Berau,” ungkapnya kepada Tribunkaltim.co, Minggu (19/9/2021).

Untuk pelaksanaan ujian SKD akan dilakukan mulai Senin hingga Minggu.

Selain hari Jumat, pelaksanaan dilakukan 4 sesi dalam setiap pertemuan, sementara untuk hari Jumat, hanya ada dua sesi.

Baca juga: INFO CPNS Kaltim: Peserta Tes SKD Bontang Dipastikan Gugur Bila Pakai Surat PCR Palsu

Baca juga: Inilah Ketentuan Selanjutnya bagi Peserta yang Lulus Tahap SKD CPNS 2021

Baca juga: Tak Sempat Mencatat Nilai, Berikut Cara Cek Live Score SKD CPNS 2021

Beberapa tata tertib yang tercantum pada pengumuman pelaksanaan SKD tersebut, di antaranya yang terutama wajib bagi peserta untuk hadir di lokasi tes paling lambat 60 menit sebelum tes dimulai.

“Karena sebelum mengikuti SKD, peserta juga akan melalui prosedur protokol kesehatan yang telah disiapkan panitia pelaksana,” jelasnya.

Dia juga mengingatkan, peserta diwajibkan membawa hasil tes rapid antigen atau RT-PCR, baik dari klinik maupun dari rumah sakit.

Tujuannya, untuk menghindari penularan pandemi Covid-19 di lokasi ujian.

Aturan tersebut merupakan kebijakan dari pemerintah pusat, dan harus dilaksanakan.

“Paling penting membawa hasil swab tes RT PCR kurun waktu maksimal 2x24 jam, atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1x24 jam,” ujarnya.

Terkait biaya rapid tes antigen, kata dia, berdasarkan hasil koordinasi Panselda dan Dinas Kesehatan Berau, akan digratiskan bagi peserta CPNS yang mengikuti SKD.

“Peserta dapat melakukan tes swab antigen di seluruh puskesmas di Berau, atau laboratorium kesehatan daerah (Labkesda) dengan membawa kartu identitas dan kartu ujian CPNS, yang bisa dicetak sendiri melalui SSCASN,” jelasnya.

Jika peserta yang memiliki hasil swab test RT-PCR atau tes antigen positif, peserta diminta segera menghubungi panitia pelaksana seleksi ujian.

Peserta yang melapor akan segera dilakukan pendataan untuk dilakukan penjadwalan SKD ulang.

“Peserta yang tidak membawa hasil antigen maupun RT-PCR, tidak dapat mengikuti tes SKD. Begitu juga dengan peserta yang terlambat juga tidak boleh mengikuti SKD, dan dianggap gugur,” ucapnya. (*)