Berita Pemkab Mahakam Ulu

Gelar SLPHT bagi Penyuluh Pertanian Lapangan, DKPP Mahulu Tingkatkan Pengendalian Hama Terpadu

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Para tenaga PPL se-Kabupaten Mahulu berfoto bersama di sela-sela mengikuti SLPHT yang diselenggarakan oleh DKPP Mahulu. Acara ini dibuka oleh Kepala DKPP Mahulu.

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menyelenggarakan Sekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) yang diikuti oleh para penyuluh pertanian ;apangan (PPL) se-Kabupaten Mahulu.

SLPHT dilaksanakan selama dua hari, Kamis dan Jumat (16-17/9/2021) lalu.

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh melalui Kepala DKPP Mahulu Saripuddin yang membuka kegiatan itu menyampaikan, tujuan SLPHT adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keahlian para penyuluh dalam menganalisa data dan informasi agroekosistem, memasyarakatkan dan melembagakan penerapan PHT dalam pengelolaan usaha tani dan meningkatkan pengamanan produksi terhadap gangguan OPT dalam pencapaian sasaran.

Baca juga: Bupati Pimpin Rakor Khusus Jembatan Sungai Ratah, Bahas Percepatan Pembangunan dan Tuntutan Warga

Melalui SLPHT, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM petani, yang nanti disampaikan oleh para penyuluh di Mahulu, khususnya dalam pengendalian hama terpadu.

"Pesertanya ada 30 orang. Mereka para penyuluh yang tersebar di seluruh kecamatan di Mahulu. Kami laksanakan dua hari, sehari teori dan seharinya langsung praktik di lapangan," ungkapnya.

Saparuddin mengatakan, kegiatan SLPHT ini cukup penting. Diharapkan, para peserta dapat mengikuti secara sungguh-sungguh selanjutnya mengimplementasikan di lapangan, memberikan pemahaman kepada para petani.

"Pengendalian hama penting. Melalui sekolah lapang dipelajari bagaimana cara yang lebih intensif mengurangi penggunaan pestisida. Seperti mengatur pola tanam, jarak juga waktu tanamnya," kata Saparuddin.

Baca juga: Resmi Dilantik, Yovita Bulan Bonifasius Jadi Bunda PAUD Mahulu

Pada sekolah lapang tersebut, narasumber SLPHT akan mengarahkan pembagian kelompok, kontrak belajar, teknologi yang diterapkan pada petak PHT dan dilanjutkan dengan pre-test untuk mengetahui sejauh mana peserta memahami alur belajar melalui SLPHT.

Pembukaan ditandai dengan penyerahan atribut dan peralatan kegiatan SLPHT dari kepala DKPP kepada perwakilan peserta. (adv)