Berita Kaltim Terkini

Satgas Yonif 611/Awang Long Terima Kunjungan Panglima Kodam VI/Mulawarman di Merauke

Penulis: Rita Lavenia
Editor: Samir Paturusi
Mayjen TNI Heri Wiranto menyerahkan bingkisan taliasih kepada prajurit Satgas Yonif 61/Awang Long, Rabu (22/9/2021).TRIBUNKALTIM.CO/HO/Penrem 091/ASN

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG (Satgas Pamtas RI-PNG) Yonif 611/Awang Long, menerima kunjungan Panglima Komando Operasi Kodam IV/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto, Rabu (22/9/2021).

Kunjungan ini dalam rangka Pengendalian dan Pengawasan Operasi (Dalwasops) Satuan Tugas ke Pos Komando Utama (Sota) Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua.

Sebelumnya, Pangdam VI Mulawarman tiba di Bandara Mopah Merauke dan disambut langsung Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long Letkol Inf Albert Frantesca, yang selanjutnya rombongan bergerak menuju ke Pos komando utama (Sota) Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 611/Awang Long yang disambut Wadansatgas Mayor Inf Endra eko.

Dansatgas Letkol Inf Albert Frantesca, dalam paparannya menjelaskan tentang kondisi pos secara umum dan apa yang sudah dilaksanakan oleh Satgas.

Mulai dari pos-pos di Distrik Bupul, sampai pos-pos di wilayah Distrik Neukenjerai, serta tentang kegiatan-kegiatan teritorial yang telah dilaksanakan selain tugas pokok.

Baca juga: Kunjungi Timika, Inilah Pesan Pangdam VI/Mlw kepada Satgas Pamtas Mobile Yonif Raider 613 Raja Alam

Baca juga: Masa Tugas Berakhir, Satgas Pamtas RI-Malaysia Serahkan Tangkapan Miras ke Bea Cukai Nunukan

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Malaysia akan Kibarkan Bendera di Puncak Benteng Pertahanan di Nunukan

“kunjungan ini merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami, serta menjadi sumber motivasi bagi kami dan kekuatan untuk pengabdian setiap personel Satgas dalam bertugas,” ujar Dansatgas.

Sementara itu, Mayjen TNI Heri Wiranto, menekankan kepada setiap Prajurit Satgas Yonif 61/Awang Long, agar tetap selalu waspada dan terus meningkatkan keamanan diakhir penugasan serta memanfaatkan waktu yang tersisa menjelang purna tugas.

Pangdam juga memberikan apresiasi dan penghargaan berupa bingkisan sebagai taliasih dan bentuk perhatian dari Panglima sebagai Bapak kepada Anak.

“manfaatkan sisa waktu yang ada, laksanakan pembinaan territorial dengan sebaik baiknya, seminimal mungkin senyum, sapa, salam,” ujar Panglima.

Lebih jauh, Panglima meminta Dansatgas untuk tidak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh anggotannya agar menghindari pelanggaran sekecil apapun.

Serta, mendata dan melaporkan sedetail mungkin setiap pelanggaran jika itu terjadi, sebelum dilaporkan ke Komando Atas guna mempermudah proses penyelesaian selanjutnya.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Malaysia Kembali Amankan Senjata Rakitan dari Warga Desa Panas Nunukan

Dalam kesempatan ini juga, Panglima mengunjungi Pos-Pos jajaran Satgas Yonif 611/Awang Long, Seperti Pos Komando Utama (Kout-Sota), Pos Yanggandur, dan Pos Kuler.

“Pesan saya jangan lupa dengan keluarga, selalu berkomunikasi dan manfaatkan waktu yang ada secara baik agar dapat meraih prestasi yang membanggakan,” tutup Panglima. (*)