Virus Corona

Tantangan Vaksinasi Covid-19 pada Kalangan Lansia di Indonesia

Editor: Budi Susilo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi vaksinasi Covid-19 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pemerintah sendiri memastikan ketersediaan vaksin dan distribusi cepat ke berbagai lokasi. Termasuk pada kalangan lansia.

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Pemerintah sendiri memastikan ketersediaan vaksin dan distribusi cepat ke berbagai lokasi. Termasuk pada kalangan lansia. 

Karena itu, ada imbauan ke masyarakat turut mendukung program ini guna mengoptimalkan perlindungan kesehatan lansia dari Covid-19.

"Masyarakat dapat membantu lansia mengakses lokasi vaksinasi, mengawal kesehatan mereka, serta menghindarkan para lansia dari paparan informasi yang tidak benar terkait vaksinasi," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan. Siti Nadia Tarmizi, Sabtu (9/10/2021). 

Posisi Pemerintah terus menggencarkan pemerataan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia).

Baca juga: Jadwal Vaksinasi Covid-19 di Nunukan 11 Oktober 2021, Daerah Sebuku Sedia 2 Ribu Dosis

Baca juga: Angka Vaksinasi Covid-19 Bontang Tertinggi di Kaltim, Tim Satgas Targetkan Herd Imunnity

Baca juga: Polwan Polda Kaltim Membuka Gerai Gelar Vaksinasi Covid-19 di Gedung Dome Balikpapan

Siti Nadia Tarmizi mengatakan, saat ini tantangan vaksinasi lansia di antaranya adalah mobilitas, yakni keterbatasan fisik dan biaya transportasi.

"Harus diupayakan adanya kemudahan akses layanan vaksinasi bagi mereka," kata Nadia saat webinar

Kendala lainnya adalah mengenai informasi yang keliru tentang vaksinasi.

"Dalam hal ini, diharapkan peran serta berbagai pihak termasuk para tokoh agama dan masyarakat dalam membantu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para lansia," katanya.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 kepada Lansia di Balikpapan Digencarkan, Risiko Tertular Lebih Berat

Data 7 September 2021, dari 21.553.118 orang target vaksinasi lansia, tercatat 31,71% telah mendapatkan suntikan dosis pertama dan 20,97% telah divaksin lengkap.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi lansia telah dilaksanakan sejak pertengahan Maret setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas publik.

Halaman
12