Berita Balikpapan Terkini

Dongkrak Potensi Ekonomi, Warga Karang Joang Balikpapan Utara Kembangkan Budidaya Lebah Madu Kelulut

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kilang Pertamina Internasional (KPI) Balikpapan mengajak masyarakat RT 36 Kelurahan Karang Joang kembangkan budidaya lebah madu kelulut. HO/KPI Balikpapan

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kilang Pertamina Internasional atau KPI Balikpapan mengajak masyarakat RT 36 Kelurahan Karang Joang kembangkan budidaya lebah madu kelulut.

Sebagai informasi, masyarakat RT 36 Kelurahan Karang Joang berlokasi tinggal di sekitar wilayah Hutan Lindung Sungai Wain.

Ketua Kelompok Tani Hutan Lestari Agusdin mengatakan masyarakat di sekitar memiliki peranan penting dalam menjaga kelestarian hutan lindung.

"Sejak tahun 2012 telah terbentuk kelompok Pokdarwis. Masyarakat ini bergabung dengan mengelola wisata alam dengan menjadi pemandu wisata," kata Agusdin.

Sementara, pada tahun 2020 telah dilakukan sosialisasi mengenai pengelolaan kehutanan sosial melalui beberapa skema. Masyarakat dan lingkungan pun dapat hidup selaras.

Baca juga: BBE Group Sabet 2 Penghargaan di Ajang ISDA 2021, Pembudidaya Madu Kelulut di Kukar Raih Local Hero

Baca juga: Suwondo, Pembudidaya Madu Kelulut di Tenggarong Seberang, Miliki 150 Boks Kelulut, Harga Menggiurkan

Baca juga: Peneliti Unmul Temukan Obat Penghambat Covid-19, Berasal dari Madu Kelulut, Riset Didanai Jepang

"Salah satu potensi yang dapat dikembangkan adalah budidaya lebah madu kelulut. Potensi bunga dan tamanan di Hutan Lindung Sungai Wain sangat mendukung pengembangan lebah madu kelulut," jelasnya.

Sejalan dengan itu Area Manager Communication, Relations & CSR KPI Unit Balikpapan Ely Chandra mengatakan program yang dilaksanakan merupakan salah satu bentuk harmonisasi masyarakat dengan lingkungan.

"Budidaya ini merupakan salah satu bukti harmonisasi bahwa masyarakat bisa mendapatkan manfaat ekonomi tanpa harus merusak hutan," katanya.

Dalam pelaksanaan program ini, Pertamina kata Chandra, memberikan bantuan berupa 25 wadah/stub lebah dan bibit bunga.

Program ini pun diharap dapat berkembang dan bisa semakin memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Baca juga: Babinsa Kodim 0906/Tenggarong Kembangkan Madu Kelulut, Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Program ini juga sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan terutama tujuan 8 pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi dan tujuan 15 ekosistem daratan.

Senada, harapan yang sama juga disampaikan oleh Lurah Karangjoang, Maryana.

Menurutnya, kelompok harus benar-benar dapat merawat dan memelihara bantuan yang diberikan Pertamina.

"Semoga nanti bantuan ini juga dapat meningkatkan taraf hidup anggota Kelompok Tani Hutan Lestari dan masyarakat umum," harapnya. (*)