Berita Samarinda Terkini

Kota Samarinda Raih Penghargaan Daerah Tertib Ukur Seluruh Indonesia

Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Budi Susilo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Walikota Samarinda, Andi Harun membagikan 200 timbangan digital kepada pedagang pasar tradisional di Kota Samarinda atas penghargaan kota Samarinda sebagai daerah tertib ukur terbaik tingkat nasional, Senin (18/10/2021). TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MA'RUF

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kota Samarinda dinobatkan sebagai salah satu daerah tertib ukur dari kementerian perdagangan RI melalui penghargaan yang diterima pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda oleh Dinas Perdagangan.

Penghargaan itu merupakan apresiasi bagi daerah dengan tingkat kesesuaian timbangan tinggi melalui uji tera di beberapa pasar tradisional secara berkala.

Sebagai bentuk timbal balik kepada para pedagang pasar tradisional yang terlibat dalam capaian tersebut, Walikota Samarinda, Andi Harun, membagikan 200 unit timbangan digital kepada para pedagang yang tersebar di 10 pasar di Samarinda.

Pembagian timbangan digital itu dilakukan di Pasar Merdeka, Jalan Merdeka, kelurahan Sungai Pinang Dalam, Sungai Pinang, kota Samarinda pada Senin (18/10/2021).

Baca juga: Komisi III DPRD akan Kawal Perkembangan Proyek Pembangunan Milik Pemkot Samarinda

Baca juga: Stiker Parkir Gratis dari Pemkot Samarinda, Pajak Parkir Pengunjung Ditanggung Pemilik Usaha

Baca juga: Perampingan OPD Pemkot Samarinda, Ketua Komisi I DPRD: Berkaitan dengan Anggaran

Beserta kepala dinas perdagangan dan kepala perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur, Walikota Andi Harun secara simbolis memberikan sebanyak 200 timbangan digital kepada masing-masing perwakilan pedagang dari 10 pasar di kota tepian.

Pada kesempatan itu AH mengapresiasi pedagang dengan penghargaan yang diraih telah menunjukkan kejujurannya dalam berniaga.

Andi Harun optimis, apabila ketertiban ukur dan timbangan dilakukan secara konsisten oleh banyak pedagang pasar tradisional di Samarinda, maka penghargaan-penghargaan selanjutnya akan dapat kembali diraih.

Setidaknya Kota Samarinda sudah diketahui sebagai kota yang pedagangnya jujur, apabila jual beli dilakukan dengan tulus dan jujur, tidak mengurangi timbangan.

Baca juga: Perampingan Birokrasi Pemkot Samarinda Tunggu Kajian Akademis, OPD Baru Ditarget Efektif Awal 2022

"InsyaAllah pasti rezekinya lancar," ungkap Andi Harun di hadapan para pedagang di Pasar Merdeka.

AH mengapresiasi kerja keras dari dinas perdagangan yang juga dibantu oleh beberapa pihak dalam mencapai penghargaan ini.

Halaman
12