Berita Bulungan Terkini

Pangdam VI Mulawarman Resmikan Kenaikan Tipe Denpom VI/3 Bulungan, Akan Ada Detasemen-detasemen Lain

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto saat meresmikan pembentukan Denpom VI/3 Bulungan, Senin (18/10/2021) (TRIBUNKALTIM.CO/MAULANA ILHAMI FAWDI)

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Panglima Komando Daerah Militer atau Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto meresmikan Detasemen Polisi Militer atau Denpom VI/3 Bulungan.

Sebelumnya detasemen yang bermarkas di Jalan Sudirman Tanjung Selor ini masih setingkat Subdenpom VI/I-6 Bulungan yang di bawah Denpom VI/1 Samarinda.

Kini dengan pembentukan Denpom VI-3 maka akan membawahi beberapa Subdenpom di Kaltara.

"Denpom VI/3 Bulungan ini nantinya membawahi Subdenpom Nunukan, Subdenpom Tarakan dan Subdenpom persiapan Malinau," kata Mayjen TNI Heri Wiranto, Senin (18/10/2021).

Menurut Jenderal bintang dua ini, pembentukan Denpom VI-3 Bulungan juga dalam rangka pengembangan gelar satuan yang ada di Korem 092 Maharajalila.

Baca juga: Berupaya Kebut Herd Immunity di Kaltim, Pangdam VI Mulawarman Sebut Faktor Vaksin

Baca juga: Digelar Sesuai Prokes, Pangdam VI Mulawarman Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Baca juga: Jadi Tempat Isolasi Covid-19, Pangdam VI Mulawarman Tinjau Asrama Haji Balikpapan

Tak hanya Denpom, nantinya di bawah Korem 092 Maharajalila juga akan ada pembentukan Detasemen Kesehatan, Detasemen Peralatan, Detasemen Perhubungan hingga Ajenrem.

"Pembentukan ini dalam rangka untuk menghadapi perkembangan zaman yang semakin kompleks," katanya.

"Dan juga karena adanya pengembangan gelar satuan di Korem 092 Maharajalila, dan Korem ini akan membawahi Balak Rem seperti Denpon dan Detasemen Kesehatan, Denpal, Denhub dan Ajenrem," terangnya.

Pihaknya berharap, pembentukan detasemen-detasemen di bawah Korem 092 Maharajalila nantinya dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Kaltara

Khusus untuk pembentukan Denpom VI-3 Bulungan, Ia berharap mampu menjalankan tugas penegakan hukum dan disiplin bagi jajaran anggota di Korem 092 Maharajalila

Baca juga: Pangdam VI Mulawarman Tinjau Pos Penyekatan, Simpang Balikpapan Baru Dinilai Kondusif

"Mudah-mudahan keberadaan ini nantinya memberikan kontribusi bagi masyarakat," ujarnya.

"Khusus untuk Denpom tentunya untuk penegakan hukum dan disiplin di jajaran anggota Korem 092, dan Polisi Militer dituntut lebih proaktif menjalankan disiplin bagi prajurit, dan dalam setiap kasus yang melibatkan prajurit harus dijalankan secara maksimal," pesannya.

Turut hadir dalam peresmian Denpom VI-3 Bulungan, Danrem 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono, Wagub Kaltara Yansen Tipa Padan, Dandim 0903 Bulungan Kolonel Inf Akatoto, Bupati Bulungan Syarwani dan Ketua DPRD Bulungan Kilat Bilung. (*)