Bantuan Sosial

BPNT Kemensos di Kukar Disalurkan, Saldo Uang Hanya Bisa Belanja Beras dan Telur

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan oleh Kementrian Sosial (Kemensos) RI di daerah. TRIBUNKALTIM.CO/ MOHAMMAD FAIROUSSANIY

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG- Di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, persisnya di Kecamatan Tenggarong ada 32 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang berhak menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang disalurkan oleh Dinas Sosial (Dinsos).

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dinsos Kukar atau Pendamping BPNT Kecamatan Tenggarong, Sri Suharyati mengatakan, bahwa KPM yang menerima bantuan rata-rata dihadiri oleh penyandang disabilitas. 

Saat ditanya kapan penerimaan nerlangsung, dia menjelaskan bahwa masing-masing KPM akan diberi Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sudah menerima pada tanggal 12 Oktober 2021 lalu. 

Saldo berupa uang akan ditransfer ke KKS langsung dari pusat oleh Kemensos, dan bisa dicek oleh masing-masing penerima setiap tanggal 10.

Saat itu KPM dari Kelurahan Melayu, Mangkurawang, Rapak Lambur, Bukit Biru dan Loa Ipuh hadir.

Baca juga: LOGIN e-form BRI Pakai NIK untuk Cek Penerima Bantuan UMKM 2021 Tahap 3, Cara Daftar dan Kapan Cair?

Baca juga: KABAR GEMBIRA! CEK Penerima Bantuan UMKM 2021 Tahap 4 di eform.bri.co.id/bpum dan banpresbpum.id BNI

Baca juga: LOGIN e-form BRI Pakai NIK untuk Cek Penerima Bantuan UMKM 2021 Tahap 3, Cara Daftar dan Pencairan

Untuk total ada sekitar 1.300 KPM yang menerima BPNT di Kecamatan Tenggarong. 

Ditambahkan Sri Suharyati ini merupakan bantuan berkelanjutan yang diberikan oleh pemerintah pusat. 

Pengecekan saldo uang tunai tidak bisa dilakukan di ATM, namun hanya bisa dilakukan di agen pada setiap kelurahan yang telah ditunjuk. 

Saldo ketika sudah diterima, KPM bisa langsung menukarnya dengan sembako. 

"Kalau bantuan dulu setiap bulan, sekarang ini ditransfer pertiga bulan. Perbulan Rp200 ribu, jadi tiga bulan Rp600. Setelah menerima (di KKS) silahkan cek masing-masing agen yang ditunjuk, kalau sudah ada cairkan, kalau belum ditunggu,” sebutnya, Kamis (21/10/2021) hari ini.

Halaman
123