Virus Corona di Tarakan

Kebut Vaksinasi Selama Sepekan, Status PPKM Tarakan Akhirnya Resmi Turun Level 3

Editor: Samir Paturusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas vaksinasi di SMPN 1 Tarakan, Selasa (19/10/2021).TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH

TRIBUNKALTIM.CO,TARAKAN– Setelah mendapatkan perpanjangan PPKM Level 4 hingga keenam kalinya, Kota Tarakan per Selasa (19/10/2021) akhirnya dinyatakan turun level.

“Alhamdulillah berkat kerja sama semua, dari satgas pemerintah kota, TNI dan Polri dan masyarakat yang sudah meamtuhi protokol kesehatan. Kalau tidak mematuhi pasti tidak turun level,” ujar Walikota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes.

\Diungkapkan Khairul, sapaan akrabnya, memang animo masyarakat melaksanakan vaksinasi cukup luar biasa. Sehingga dalam sepekan pelaksanan vaksinasi massal lanjutnya, bisa mencapai lebih dari 50 persen realisasi cakupan sasaran.

“Itulah yang menurunkan level kita. Mudahan dalam seminggu ke depan dalam seminggu ke depan kita menyasar untuk vaksin lansia sampai 60 persen,” ujarnya.

Baca juga: Tarakan Turun PPKM Level 3, Walikota Instruksikan Disdikbud dan Sekolah Gelar PTM

Baca juga: Kebijakan PPKM Level 2 di Kukar Berfokus Genjot Vaksinasi, Capai 47 Persen Seluruh Kawasan

Baca juga: PPKM DIPERPANJANG, Aturan dan Syarat Naik Pesawat Terbaru, Sudah Vaksin Apakah Masih Wajib Tes PCR?

Jika sudah menyasar hingga 60 persen, maka status PPKM level 3 yang baru diperoleh Kota Tarakan bisa kembali turun menuju level 2.

“Karena cuma indicator vaksin saja. Sebenarnya angka rate positif kita di rumah sakit dan angka kematian sudah jauh di bawah rata-rata nasional. Tersisa vaksin saja yang belum tercapai,” ujarnya.

Sehingga ia optimis, setelah vaksinasi dikebut pelaksanaannya selama sepekan ini, hasilnya akhirnya berbuah manis.

Ia tak menampik, sebelumnya sempat terjadi perlambatan vaksinasi karena memang stok yang dijatahkan pemerintah pusat. Dan barulah di Oktober 2021 ini, stok vaksin mulai banyak diterima Dinkes Kota Tarakan.

“Karena sudah dikasih stok banyak baru berani bikin vaksinasi massal. Kalau kemarin kan orang mau vaksin tapi tidak ada vaksin. Sekarang kita sudah ada 64.000 dosis inilah dihabiskan selama sepekan ini,” jelasnya.

Baca juga: Kukar Kini Berada di PPKM Level 2, Sekda Sunggono Sebut Angka Terkonfirmasi Covid-19 Berkurang

Kemudian belum lagi ada tambahan vaksinasi dari Binda Kaltara, TNI dan Polri serta partai yang membantu melaksanakan laju vaksinasi.

Ia berharap seminggu ke depan sudah bisa mencapai 70 persen capaian vaksinasi dosis pertama. (*)