Virus Corona di Malinau

Komite PPI RSUD Malinau Jamin Fasilitas Bekas Isolasi Pasien Covid-19 Bebas Virus Corona

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Komite Pengendalian dan Pencegahan Infeksi RSUD Malinau, dr Suprapto saat ditemui di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Privinsi Kalimantan Utara, Kamis (21/10/2021).  TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Fasilitas Ruang Isolasi Tulip di RSUD Malinau kini kembali difungsikan untuk fasilitas rawat inap pasien reguler.

Ruangan tersebut sebelumnya diperuntukkan sebagai fasilitas isolasi bagi pasien terkonfirmasi Covid-19 bergejala sedang-berat.

Ketua Komite Pengendalian dan Pencegahan Infeksi (PPI) RSUD Malinau, dr Suprapto menjelaskan pihaknya telah menguji kelayakan penggunaan ruang Tulip RSUD Malinau untuk pasien reguler.

Tim PPI RSUD Malinau menjamin fasilitas rawat inap pasien yang sebelumnya digunakan untuk penanganan Covid-19 tersebut aman dari virus Corona.

"Kita sudah pastikan ruangan Tulip aman untuk pasien reguler. Mulai dari sirkulasi udara, sterilisasi secara rutin, semua sudah kita pastikan bisa digunakan," ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Baca juga: RSUD Malinau Nihil Pasien Covid-19, Beginilah Nasib Terkini Ruang Isolasinya

Baca juga: PPKM Level 3 Diperpanjang, Fasilitas Karantina dan RSUD Malinau Nihil Pasien Covid-19

Baca juga: Dirut Beber Alasan RSUD Malinau Sempat Hentikan Pelayanan Sementara

Menurut dr Suprapto, virus Corona dapat dimatikan dengan proses disinfeksi secara baik. Karenanya, selalu diadakan sterilisasi di ruangan maupun fasilitas tempat tidur yang telah digunakan pasien.

Perlakuan tersebut tidak hanya dilakukan saat pengalihan ruangan guna peruntukan pasien reguler. Suprapto menjelaskan upaya tersebut merupakan prosedur rutin yang dilakukan saat penanganan fasilitas Covid-19 di ruang isolasi.

"Sebenarnya ini prosedur yang rutin dilakukan, baik saat dipergunakan untuk pasien biasa maupun sebelumnya saat digunakan untuk pasien Covid-19. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, kami menjamin ruangan ini bebas dari penularan Covid-19," katanya.

Berdasarkan laporan Manajemen RSUD Malinau, ruangan Tulip saat ini telah difungsikan untuk fasilitas rawat inap pasien reguler.

Dikarenakan tidak ada lagi pasien Covid-19 yang dirawat, saat ini ruangan tersebut dikembalikan ke peruntukan semula. Fasilitas penanganan pasien Covid-19 saat ini memanfaatkan ruangan isolasi Matahari dengan kapasitas 15 tempat tidur. (*)