Berita Tana Tidung Terkini

Merasa Tidak Adil, Seorang Mahasiswa Tana Tidung Keluhkan Beasiswa Pendidikan di Daerah Asalnya

Penulis: Risnawati
Editor: Mathias Masan Ola
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali tak bisa mengintervensi Dewan Penidikan karena mereka berdiri sendiri. Mengenai beasiswa Bupati mengaku memghormati keputusan Dewan Pendidikan. .TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI

TRIBUNKALTIM.CO, TANA TIDUNG - Seorang mahasiswa asal Kabupaten Tana Tidung yang tidak ingin disebutkan identitasnya, mengeluhkan soal beasiswa pendidikan di Tana Tidung.

Menurutnya, Dewan Pendidikan Kabupaten Tana Tidung tidak cukup adil dalam menetapkan penerima beasiswa pendidikan tersebut.

Padahal, kata dia, ketentuan dalam aturan penerimaan beasiswa pendidikan ini diprioritaskan bagi anak dari keluarga tak mampu.

"Sedangkan saya masuk ke dalam prioritas tersebut, tidak dipilih. Tapi banyak teman-teman yang mampu bahkan orangtuanya guru bisa mendapat beasiswa tersebut," ujarnya kepada TribunKaltara.com melalui pesan WhatsApp.

"Di sini jelas bahwa Dewan Pendidikan KTT melakukan ketidakadilan dalam menetapkan penerima beasiswa tersebut," katanya.

Baca juga: Pengajuan Beasiswa Pendidikan Bagi Mahasiswa KTT, 166 Orang Sudah Buat Akun

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Tana Tidung, Bupati Ibrahim Ali Akan Naikkan Beasiswa Pendidikan

Baca juga: Tiga Ahli Waris Terima Santunan Beasiswa Pendidikan, Besarannya Rp 63 Juta Hingga Rp 71 Juta

Dia menyampaikan, telah mengomunikasikan hal tersebut kepada Dewan Pendidikan, melalui direct message Instagram resmi Dewan Pendidikan Tana Tidung.

Namun, lanjutnya, pihak Dewan Pendidikan hanya menjelaskan, bahwa mereka menerima masukan dari berbagai pihak termasuk orang di luar Dewan Pendidikan Tana Tidung.

Ketika dia bertanya terkait alasan dirinya tidak diprioritaskan dan tidak dipilih menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut. Dia sampaikan, pihak Dewan Pendidikan tidak menjawab pertanyaannya.

"Jika benar dipilih dari segi ekonomi lemah dan nilai, saya memiliki nilai yang cukup tinggi (IPK) dan keluarga saya benar-benar ekonomi lemah," terangnya.

Baca juga: BPJamsostek Serahkan Rp 1,55 Miliar Beasiswa Pendidikan Kepada 209 Pelajar Ahli Waris Peserta

Tanggapan Bupati Tana Tidung

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tana Tidung telah menganggarkan bantuan beasiswa, yang mana anggaran tersebut akan dikelolah oleh Dewan Pendidikan Tana Tidung.

Masalah kebijakan dan lain-lain, kata dia, hal itu merupakan kewenangan Dewan Pendidikan. Pihaknya menghormati apa yang diputuskan oleh Dewan Pendidikan

"Kalau bilang Dewan Pendidikan itu tidak layak, ya tidak mungkin Bupati mengintervensi itu. Karena Dewan Pendidikan kan berdiri sendiri," katanya

Diketahui, anggaran yang digelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten Tana Tidung, untuk bantuan beasiswa ini berjumlah Rp 1 Miliar.

Adapun kuota penerima beasiswa ini sebanyak 200 orang, dengan nominal Rp 5 juta per orang. (*)