Berita Pemkab Mahakam Ulu

Pengurus dan Komisi Dewan Pimpinan MUI Mahulu Dikukuhkan

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum MUI Mahulu, Haji Muhammad Yasin melantik dan mengkukuhkan pengurus PKDPM MUI Mahulu masa khidmad 2021-2025. Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Asisten I Dodit Agus Riyono, sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah MUI Mahulu.

TRIBUNKALTIM.CO - Pengurus dan Komposisi Personalia Komisi Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Masa Khidmad 2021-2025 resmi dikukuhkan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Long Batoq Kelo, Senin (18/10/2021). 

Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum MUI Mahulu, Haji Muhammad Yasin disaksikan langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Humas (Asisten I), Ir. Dodit Agus Riyono, MP sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah MUI Mahulu.

Baca juga: Tinjau Pemilihan Petinggi Kampung, Bupati dan Dandim Pantau TPS di Long Pahangai

Turut hadir Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Engelbertus Ibrahim, S.E., M.Si.; Ketua Dewan Pertimbangan MUI Mahulu Djuni, S.Sos.I., S.Pd.; Danramil Long Bagun Lettu Inf I Wayan Sudiarsa, Kapolsek Long Bagun AKP. Purwanto, Kemenang Longginus, SS.

Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH,ME dalam sambutan tertulis yang disampaikan Asisten I Ir. Dodit Agus Riyono mengucapkan selamat bekerja kepada para pengurus MUI Kabupaten Mahakam Ulu Masa Khidmad 2021-2025.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu, mengucapkan selamat kepada para pengurus yang telah dikukuhkan, Saya berharap kepada para pengurus dapat melaksanakan amanah sehingga MUI Mahulu bisa menjadi pengayom seluruh masyarakat serta dapat memberikan fatwa-fatwa menyejukkan, serta membawa kehidupan beragama yang rukun dan damai. Semoga keikhlasan untuk mengurus umat akan bernilai ibadah di hadapan Allah SWT, serta semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan lahir dan batin dalam mengemban tugas yang mulia ini," katanya.

Ditambahkan Bupati Bonifasius, MUI memiliki peranan dan fungsi sangatlah besar dalam pembangunan dan memperkokoh sendi-sendi etika, moral spritual, kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus sebagai pencerah, pencerdas, dan pembimbing umat dengan ajaran dan nilai-nilai Islam,

Baca juga: Paling Berkomitmen Terhadap Pelayanan, RS GSM Ujoh Bilang Raih BPJS Kesehatan Award

Selain pengukuhan pengurus MUI Mahulu Masa Khidmat 2021-2025, dilaksanakan pula rapat kerja daerah.

Diharapkan rapat kerja ini, dapat membuka ruang pembahasan untuk menangkap serta merespon hal-hal aktual terkait dengan kualitas ketahanan masyarakat dalam kondisi yang dinamis dan agamis

"Sesuai dengan tujuan MUI yaitu melayani umat (khadimul ummah) dan menjadi mitra pemerintah (shadiqul hukumah). Maka diharapkan MUI sebagai mitra pemerintah dapat bersama-sama bersinergi dengan Pemkab Mahakam Ulu beserta seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang timbul di masyarakat, termasuk pencegahan masuknya paham radikalisme," tutur bupati.

Baca juga: Sekda Mahulu Hadiri Bimtek Antikorupsi, Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Berintegritas

Ketua Umum MUI Mahulu, Haji Muhammad Yasin mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Mahulu dan semua pihak yang membantu musda I terlaksana dengan lancar, sehingga menghasilkan Surat Keputusan MUI Provinsi Kalimantan Timur Nomor kep-012/DP-P/XX/2019 tentang Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan MUI Mahulu Masa Khidmat 2021-2025.

"Dalam mengemban amanah musda I lima tahun kedepan, melaksanakan programnya dan kegiatannya dewan pimpinan membentuk pengurus dan komposisi personalia organisasi MUI dengan komisi-komisi, lembaga/badan untuk menelaah, membahas, merumuskan dan menyampaikan usul-usul kepada dewan pimpinan sesuai dengan bidang masing-masing," kata Ketua MUI. (adv)