Berita Pemkab Mahakam Ulu

Tinjau Pemilihan Petinggi Kampung, Bupati dan Dandim Pantau TPS di Long Pahangai

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh didampingi Dandim 0912 Kutai Barat Letkol Kaveleri Yudhi Prasetyo Purnomo saat meninjau TPS-TPS di Kecamatan Long Pahangi, Rabu (13/10/12) lalu. Hal ini dilakukan guna memastikan pelaksanaan pemilihan petinggi berjalan lancar.

TRIBUNKALTIM.CO - Usai memastikan pelaksanaan pemilihan petinggi di tiga kampung di Kecamatan Long Apari berjalan lancar, Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH,ME didampingi Dandim 0912 Kutai Barat Letkol Kaveleri Yudhi Prasetyo Purnomo, S.Sos, M.I.Pol melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Long Pahangai, Rabu (13/10/2021) lalu.

Tiba di TPS Kampung Delang Kerohong dan Long Lunuk, Kecamatan Long Pahangai,  Bupati Bonifasius bersama Dandim Letkol Kav Yudhi dan rombongan sebelum memasuki TPS melakukan screening atau pengecekan suhu tubuh sesuai protokol kesehatan yang diterapkan.

Kemudian mereka meninjau bilik suara dan menyaksikan langsung proses pemilihan petinggi.

Baca juga: Bupati dan Dandim Kunjungi 3 Kampung, Pastikan Kelancaran Pemilihan Petinggi di Kecamatan Long Apari

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bonifasius bersama Dandim Letkol Kav Yudhi didampingi Sekretaris Camat Long Pahangai Y. Belawan melihat langsung kondisi pembangunan di Kecamatan Long Pahangai.

Bupati Bonifasius mengatakan, sistem demokrasi yang telah menjadi pilihan harus dijalankan dengan damai, begitu juga dengan pemilihan petinggi di setiap kampung di Mahakam Ulu.

"Peran masyarakat dalam pemilihan tentunya dibarengi tanggung jawab moral untuk ikut mengawal jalannya proses pemilihan secara kondusif dan aman," ujar bupati.

Bupati Bonifasius berharap, nantinya petinggi yang terpilih lagi atau petahana sudah menyelesaikan seluruh tangung jawab jabatannya di masa sebelumnya.

"Kita harap nanti petinggi yang dilantik khusus petahana, sudah tidak ada permasalahan dalam arti laporan keuangan kampungnya sudah beres. Tidak ada lagi masalah terkait pertangungjawaban baik keuangan dan hal lainnya sebagainya," harap bupati.

Baca juga: Paling Berkomitmen Terhadap Pelayanan, RS GSM Ujoh Bilang Raih BPJS Kesehatan Award

Lebih lanjut disampaikan Bupati Bonifasius, bagi petinggi petahana yang diperiode masa jabatan sebelumnya, tidak atau belum menyelesaikan baik administrasi akan diberikan waktu untuk penyelesaian.

"Petahana yang ada masalah dan belum selesai tidak akan kita lantik, dan itu kita beri deadline atau batas waktu waktu sampai Desember. Kalau Desember dia tidak mampu menyelesaikan masalah maka kita akan melantik yang terpilih kedua," tambah bupati.

Camat Long Pahangai Lawing Ngau, S.Pd. mengapresiasi bupati bersama dandim yang menyaksikan langsung proses pemilihan petinggi di Kecamatan Long Pahangai, juga meninjau beberapa program kegaiatan pembangunan di Kecamatan Long Pahangai.

"Sangat positif Bapak Bupati meninjau langsung Kecamatan Long Pahangai. Saya yakin tidak ada masalah, dan pasti akan lancar kegiatannya aman dan tertib. Kami dari pemerintah kecamatan sangat berterima ksih kepada Pak Bupati yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan ini sampai terjun ke lapangan secara langsung untuk meninjau pemilihan Petinggi serentak pada tahun ini khususnya di Kecamatan Long Pahangai," ungkap Camat Long Pahangai.

Baca juga: Sekda Mahulu Hadiri Bimtek Antikorupsi, Wujudkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Berintegritas

Lebih lanjut disampaikan Camat Lawing Ngau, pelaksanaan pemilihan petinggi di masa pandemi berpedoman pada protokol kesehatan ketat dengan mengatur jarak masuk pemilih yang menyalurkan hak pilihnya, mengecek suhu tubuh, menyediakan tempat pencuci tangan di pintu masuk dan wajib memakai masker, dengan tujuan menghindari penyebaran Covid-19 meskipun Mahulu berada di zona hijau atau nol kasus positif. (adv)