Virus Corona di Malinau

Gelombang Ketiga Covid-19 Diprediksi Desember 2021, RSUD Malinau Siapkan Fasilitas Isolasi

Editor: Samir Paturusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur RSUD Malinau, Ni Putu Ria Citrawati saat ditemui di RSUD Malinau, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis lalu (21/10/2021).TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD SUPRI

TRIBUNKALTIM.CO,MALINAU- Antisipasi kenaikan kasus Covid-19 gelombang ketiga, fasilitas bed RSUD Malinau menyesuaikan perkembangan kasus di daerah.

Pemerintah RI melalui memprediksi gelombang ke tiga Covid-19 di Indonesia akan terjadi pada bulan Desember 2021 ini, yakni jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Dikonfirmasi mengenai hal ini, kepada TribunKaltara.com, Direktur RSUD Malinau, Ni Putu Ria Citrawati mengaku telah menyiapkan skema penanganan.

Sebab, belajar dari gelombang ke dua pada Juli-Agustus 2021 lalu, kenaikan kasus berdasarkan prediksi tersebut juga terjadi di daerah.

"Sebelumnya, kapasitas bed Covid-19 normalnya 15. Perkiraan Satgas itu betul, pada Juli-Agustus lalu terjadi outbreak. Kapasitas bed kita tambah jadi 51," ujarnya, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: RSUD Panglima Sebaya Klarifikasi Pasien yang Dikuburkan Sesuai Prokes Covid-19

Baca juga: Prediksi Satgas Covid-19, Balikpapan Capai Herd Immunity Pekan Depan

Baca juga: Pemkab Rakor Evaluasi Penanganan Covid-19, Mahulu Kini PPKM Level 1

Menurutnya tingkat perkembangan kasus aktif di daerah banyak berpengaruh terhadap tingginya interaksi dan mobilisasi masyarakat.

Utamanya menjelang peringatan hari besar keagamaan atau hari libur nasional, seperti perkembangan virus corona pada periode Juli dan Agustus 2021 lalu.

Saat ini fasilitas karantina dan isolasi pasien Covid-19 memanfaatkan satu ruangan khusus di RSUD Malinau, ruang isolasi Matahari.

"Gelombang ketiga diprediksi jelang Nataru nanti. Persiapan dari kami, kalau benar ada tanda kenaikan, Ruang Tulip akan kembali kami fungsikan, total tempat tidur dinaikkan lagi 51. Harapan kita tidak ada lagi penambahan," katanya.

Baca juga: Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19 di Kaltara, Wagub Yansen Tipa Padan Berikan Sikap

Berdasarkan data terbaru Satuan Tugas Penanganan Covid-19, 7 kasus aktif Corona saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di kediamannya. (*)