Berita Pemkab Kutai Barat

TP PKK Kubar Menang Kategori Penampilan Terbaik Festival Pangan Lokal B2SA Tingkat Kaltim 2021

Editor: Samir Paturusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim Penggerak (TP) PKK Kubar meraih kemenangan kategori penampilan terbaik, pada Festival Pangan Lokal (FPL) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Kaltim tahun 2021.TRIBUNKALTIM.CO/HO

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA- Tim Penggerak (TP) PKK Kubar meraih kemenangan kategori penampilan terbaik, pada Festival Pangan Lokal (FPL) Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Kaltim tahun 2021.

Dengan kategori paket makan siang (lunchbox B2SA). FPL diikuti peserta TP-PKK dari kabupaten/kota se-Kaltim dan diselenggarakan di Kantor TP-PKK Provinsi Kaltim, Jalan Muhammad Yamin, Samarinda, Kamis (21/10/2021).

Pada kegiatan itu, Dinas Ketahanan Pangan Kubar meraih kategori penampilan terbaik. Dengan kategori produk olahan pangan lokal komersil dalam kemasan.

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan, semua kabupaten/kota se-Kaltim memiliki kesempatan untuk menghasilkan produk pangan lokal yang mampu menjadi andalan, baik di Kaltim, kabupaten/kota itu maupun nasional.

Baca juga: Bupati FX Yapa Resmikan Ruang PTSP di Pengadilan Agama Kubar

Baca juga: Pemkab Kubar akan Beri Bonus 4 Atlet yang Raih 4 Medali Perunggu di PON XX Papua

Baca juga: Bandara Melalan Kubar tak Ada Penerbangan Komersil, Singgung Ketersediaan Armada Pesawat

“Maka itu, harus bersaing dan jangan sampai nanti tertinggal. Apalagi Kaltim sebagai calon ibukota negara. Kita juga memiliki sumber daya manusia dalam memproduksi produk pangan yang bernilai tinggi ini. Ini adalah peluang,” ujar Isran Noor, saat membuka FPL Provinsi Kaltim.

Gubernur menyampaikan apresiasi dan selamat para peserta pemenang FPL tersebut. Semoga sukses semua, lancar dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

“Jangan pernah merasa putus asa dan merasa gagal, lalu berhenti. Tidak perlu mengurusi ocehan orang, meskipun omongan orang itu yang bernada negatif. Tidak terlalu repot, dan diabaikan saja. Terus beraktivitas dan berjuang mencapai cita-cita,” ucapnya, memotivasi.

Ketua TP-PKK Kubar Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan, panganan lokal di wilayah Kubar, banyak sekali.

Tinggal bagaimana mengolah dan mengemasnya lebih baik lagi. Kenyang tidak harus nasi, bisa panganan berbahan singkong, umbi-umbian, jagaq, ikan dan lainnya penganti dari pada nasi.

Diharapkan masyarakat bisa mengambil peluang dan menggali potensi ini untuk mengolah panganan lokal ini, sehingga dapat meningkatkan penghasilan ekonomi bagi keluarga dan juga bisa membantu memperbaiki gizi.

Baca juga: Disdagkop dan UKM Kubar Dorong Pelaku IKM Nyuatan, Latih Petani Hasilkan Produk Olahan Jahe 

Untuk pemasaran sendiri, TP-PKK akan bekerjasama dengan Disdagkop dan UKM Kubar. Sekarang juga dalam memasarkan produk olahan sangat mudah dengan online.

“Cukup produk difoto dengan smartphone lalu diberi keterangan harga dan diupload di media sosial,” tambahnya. (*)