Virus Corona di Tarakan

RSUD Tarakan Terapkan Tarif PCR Rp 300 Ribu

Editor: Samir Paturusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivitas pelayanan di RSUD Tarakan.TRIBUNKALTIM.CO/ANDI PAUSIAH

TRIBUNKALTIM.CO,TARAKAN– Pelayanan swab test PCR juga sudah mulai dibuka RSUD Tarakan dengan harga yang saat ini sudah ditentukan yakni Rp 300 ribu.

Dibeberkan Plt Dirut RSUD Tarakan, dr. Franky Sientoro, sebelumnya dengan harga Rp 525 ribu, permintaan warga untuk melaksanakan swab test PCR meningkat sejak dulu. “Apalagi dengan harga yang saat ini diterapkan. Dan memang di RSUD lebih murah,” jelasnya.

Ia melanjutkan, karena ini menjadi kebutuhan masyarakat maka harus membuka layanan swab test PCR mandiri. “Ini kebutuhan masyarakat dalam rangka percepatan pemutaran ekonomi, tapi selain itu juga menjaga penyebaran Covid-19” bebernya.

Ia menambahkan, mesin PCR di RSUD Tarakanawalnya hanya untuk pasien rujukan dari kabupaten dan dikirim ke RSUD untuk pemeriksaan PCR pasien.

Baca juga: PCR di Labkesda Balikpapan Siap Beroperasi, Hasil Pemeriksaan Terdaftar di PeduliLindungi

Baca juga: Penjelasan Bio Farma Menyoal Biaya Tes PCR Bisa Rp 275 Ribu karena Harga Reagen Hanya Rp 90 Ribu

Baca juga: TARIF PCR Rp 250 Ribu Bisa Turun Lagi, PT Bio Farma Prediksi Dalam Waktu Dekat, Simak Penjelasan

“Dulu kan kita punya PCR untuk diagnosa Covid-19. Dan harus kirim ke Surabaya butuh waktu berminggu-minggu untuk tahu hasilnya. Selai itu juga untuk kriteria diagnosa untuk perawat Covid-19,” jelasnya.

Dengan edaran terbaru yang dikeluarkan pemerintah, maka rumah sakit harus mengikuti aturan harga yang ditetapkan tersebut.

Ia menambahkan, rumah sakit tidak akan rugi karena ada subsidi silang. Saat ini layanan PCR dibuka tiga round.

Baca juga: CEK Syarat Naik Kapal Laut November 2021, Aturan Vaksin dan PCR Terbaru Bagi Penumpang Kapal Pelni

Untuk round pertama dibuka pukul 08.00 WITA sampai pukul 11.00 WITA.

Kemudian round kedua dibuka pukul 12.00 WITA sampai pukul 15.00 WITA. Dan round ketiga dibuka pukul 17.00 WITA sampai pukul 18.00 WITA. (*)