Virus Corona di Balikpapan

Sulit Jangkau Sentra Vaksinasi, Binda Kaltim Datangi Warga Kariangau dan Graha Indah Balikpapan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Timur kembali melaksanakan vaksinasi door to door di Balikpapan.TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN- Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Kalimantan Timur kembali melaksanakan vaksinasi door to door di Balikpapan, Senin (15/11/2021).

Sebanyak 1.500 dosis vaksin diberikan secara gratis bagi masyarakat di Kelurahan Kariangau dan Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara.

Kabag Ops Binda Kaltim, Kolonel TNI Mat Jayus mengatakan, pihaknya saat ini cukup kesulitan untuk mencari sasaran vaksinasi di Balikpapan.

Hal tersebut dikarenakan cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Minyak tinggi.

Binda Kaltim bahkan harus mencari sasaran vaksin hingga ke wilayah pinggir atau pesisir.

Baca juga: Binda Kaltim Bersama BKKBN Vaksinasi Covid-19, akan Pemetaan ke Pelajar Samarinda yang Belum

Baca juga: Gandeng BKKBN, Dinkes dan Disdik, Binda Kaltim Siapkan 3.000 Vaksin Sinovac bagi Pelajar Samarinda

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Pesisir Juata Laut Tarakan, Binda Kaltara Beber Capai 5.000 Dosis

"Banyak lansia dan ibu hamil yang memang kesulitan untuk menjangkau sentra vaksin. Dengan door to door kita harap akhir bulan vaksinasi bisa selesai," jelasnya.

Senada, Kepala Puskesmas Kelurahan Graha Indah Christiana Dessy, mengatakan vaksinasi dari rumah ke rumah menjadi salah satu solusi.

Sebab, saat ini pemerintah Kota Balikpapan tengah menggenjot upaya vaksinasi Covid-19 dengan jemput bola ke lingkungan masyarakat.

Hal tersebut juga dirasa cukup efektif dalam mencari sasaran vaksinasi yang saat ini jumlahnya semakin kecil atau sedikit.

Baca juga: Puskesmas Manggar Baru Tiru Cara Binda Kaltim yang Gelar Vaksinasi Door to Door

Selain itu, vaksinasi door to door atau dari rumah ke rumah juga membantu warga yang kesulitan menjangkau sentra vaksinasi lantaran akses jalan dan lainnya.

"Cakupan di kelurahan Graha Indah sudah 64 persen. Hari ini vaksinasi menggunakan Pfizer dengan sasaran seribu dosis. Sangat membantu warga yang kesulitan karena akses jalan kurang bagus," tandasnya. (*)