Berita Kukar Terkini

Lapas Perempuan Tenggarong Luncurkan Enam Inovasi Layanan Publik dan Tugas Pengamanan

Penulis: Aris Joni
Editor: Rahmad Taufiq
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan launching enam program terbaru Lapas Perempuan Tenggarong. HO/LAPAS PEREMPUAN TENGGARONG

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Dalam menjalankan pelayanan dan pembinaan di dalam lapas, Lapas Perempuan Klas IIA Tenggarong kembali meluncurkan enam program Inovasi Layanan Publik dan Inovasi Tugas Pengamanan.

Di mana pelayanan yang diluncurkan secara simbolis pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 lalu, diperuntukkan bagi masyarakat dan warga binaan di lapas.

Hal itu diungkapkan langsung Kepala Lapas Perempuan Klas IIA Tenggarong, Sri Astiana kepada Tribunkaltim.co, Kamis (18/11/2021).

Asti menjelaskan, keenam program inovasi tersebut, di antaranya Sistem Pendaftaran Layanan Kunjungan (Sidayaku) yang merupakan Inovasi untuk pelaksanaan pendaftaran layanan kunjungan dan layanan titipan makanan/barang secara online.

Kemudian, lanjut Sri Astiana, Sistem Pelayanan Aduan (Sipadu) yakni sebuah inovasi terkait Layanan Pengaduan untuk Masyarakat.

Baca juga: Razia di Lapas Perempuan Tenggarong Kukar, Terapkan Protokol Kesehatan

Baca juga: Kalapas Perempuan Tenggarong Nilai Petugas Lapas Adalah Pahlawannya Warga Binaan

"Sehingga mempermudah masyarakat menyampaikan aduan atau keluhan tanpa harus datang ke Lapas," jelasnya.

Tal hanya inovasi pelayanan saja, ucap Sri Astiana, pihaknya juga memiliki prgram inovasi terkait tugas pengamanan untuk optimalisasi tugas pengamanan dan meminimalisir gangguan Kamtib di Lapas.

Di mana program tersebut di antara Sistem Data Manajemen Lalu Lintas Pegawai (Etam Intai), yakni suatu sistem pelaksanaan pengawasan lalu lintas pegawai pada area steril.

Lalu, Pelaporan Intelijen Pengamanan (Peran Teman) yang merupakan Sistem Informasi Intelijen Pelaksanaan Tugas Pengamanan, kemudian Sistem Kontrol Brandgang (Sikobra) yang mana program tersebut merupakan sistem pengawasan area brandgang Lapas.

"Yang terakhir ada Sistem Pelaporan Penggeledahan atau disingkat Siporanda. Program ini berbentuk sistem pencatatan hasil pemeriksaan penggeledahan," terangnya.

Baca juga: Antisipasi Pelanggaran, Lapas Perempuan Tenggarong Kembali Razia Kamar Hunian Warga Binaan

ia juga menyampaikan apresiasinya kepada CPNS Lapas Perempuan Tenggarong yang telah membuat inovasi tersebut.

"Saya berharap, dengan adanya inovasi aplikasi di Lapas Perempuan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan publik dan pelaksanaan tugas pengamanan lebih optimal," ucapnya. (*)