Berita Penajam Terkini

Pertama Kali Terjadi di Pilkades PPU, Sepasang Suami Istri Daftar Calon Kades Wonosari

Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Rahmad Taufiq
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa PPU, Nurbayah. Ia mengatakan, perihal suami istri mencalonkan diri sebagai calon kepala desa sah-sah saja. TRIBUNKALTIM.CO/DIAN MULIA SARI

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pelaksanaan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (pilkades) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) akan segera bergulir.

Sedikitnya terdapat 14 desa yang tersebar di empat kecamatan Kabupaten PPU bakal mengikuti pilkades serentak pada 15 Desember 2021 mendatang.

Dari total sebanyak 14 desa tersebut terdapat 55 calon kades yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti pesta demokrasi ditingkat desa tersebut.

Namun ada yang menarik pada pagelaran pesta demokrasi tersebut terdapat pasangan suami istri yang akan berduel di pemilihan kepala desa serentak nanti.

Sepasang suami istri itu berasal dari Desa Wonosari, Kecamatan Sepaku bernama Kasiyono dengan nomor urut dua dan sang istri Emilia Kartika dengan nomor urut satu.

Baca juga: Ada Suami Istri jadi Calon Kades Wonosari Penajam Paser Utara, Bersaing dalam Pilkades Serentak

Baca juga: Pilkades Serentak 62 Desa di Kutai Timur, Kini Ratusan Calon Kandidat Bersaing 

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa PPU Nurbayah mengatakan, perihal suami istri mencalonkan diri sebagai calon kepala desa sah-sah saja.

Sebab tidak ada aturan yang mengatur terkait dengan syarat yang melarang suami-istri mencalonkan diri sebagai kades.

"Tidak ada aturan. Siapapun itu, mau dia suami istri atau apa yang penting warga Indonesia yang memenuhi syarat-syarat mereka nggak masalah. Tidak ada aturan yang melarang itu yang penting persyaratan administrasi lengkap," ujar Nurbayah, Kamis (18/11/2021).

Diungkapkan oleh Nurbaya, semenjak dibentuknya Kabupaten PPU, baru kali ini terdapat pasangan suami istri yang menyalonkan diri sebagai kepala desa.

"Ini baru pertama kali, baru ini terjadi," kata dia.

Baca juga: Pilkades Serentak di Penajam Paser Utara, Supir Hingga Pengangguran Mencalonkan Diri

Halaman
12