Berita Kubar Terkini

Pengobatan Warga Kurang Mampu, Pemkab Kubar Berencana Libatkan Perusahaan

Penulis: Zainul
Editor: Budi Susilo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Bupati Kutai Barat, H. Edyanto Arkan menyerahkan bantuan bersama Yayasan Jantung Sehat Indonesia kepada masyarakat kurang mampu yang menderita penyakit jantung.

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Sebanyak empat orang warga kurang mampu di Kutai Barat, Kalimantan Timur, kembali menerima bantuan berupa uang tunai dari Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan Yayasan Jantung Sehat Indonesia (YJSI).

Bantuan uang tunai tersebut nantinya oleh masyarakat penerima bantuan akan digunakan sebagai tambahan biaya pengobatan operasi jantung (pemasangan ring) kepada keluarga mereka yang menderi penyakit jantung.

Bantuan tersebut senilai Rp 10 juta dan diberikan secara langsung oleh Wakil Bupati Kutai Barat, H. Edyanto Arkan di ruang rapat eksekutif kantor Bupati Kutai pada Jumat (19/11).

Dengan segala keterbatasannya yang dimiliki Pemerintah Daerah tahun ini memberikan bantuan kepada empat orang itu untuk melakukan operasi dan pemasangan pen itu.

Baca juga: Pemkab Kubar Sepakati Propemperda Tahun 2022, Ada 28 Item Perda jadi Prioritas

Baca juga: Maksimalkan Layanan Kesehatan, Pemkab Kubar Segera Fungsikan RS Pratama

Baca juga: Pemkab Kubar Sampaikan Nota Penjelasan 5 Raperda, Ini Kelima Perda yang Diajukan

"Mereka ini telah direkomendasikan untuk memasang pen dan operasi jantung di Samarinda jadi bantuan itu kita berikan kepada mereka," kata Wabub Kubar, H. Edyanto Arkan.

Edyanto Arkan mengakui bantuan yang diberikan pemerintah tersebut nilainya masih terbilang kecil.

Sehingga keterlibatan pihak ketigas dalam hal ini pihak perusahaan di Kutai Barat sangat dibutuhkan dengan harapan nilai bantuan yang diberikan lebih besar lagi.

"Sebenarnya ini kita harapkan selain daripada bantuan pemerintah, apabila jumlahnya ada lebih banyak lagi kita akan bekerjasama dengan pihak-pihak lain, misalnya dengan pihak perusahaan. Mungkin mereka tergerak hatinya untuk ikut membantu juga pengobatan-pengobatan ini karena ini sifatnya sangat mendesak bagi mereka," ujarnya. 

Baca juga: Pemkab Kubar Konsisten Targetkan Pemulihan Ekonomi Kala Pandemi Covid-19

Sementara itu, warga penerima bantuan tersebut mengaku sangat berterimakasih kepada pemerintah Kutai Barat dan Yayasan Jantung Sehat Indonesia.

Tentu dengan adanya bantuan tersebut dapat meringankan biaya operasi jantung keluarga mereka. 

"Alhamdulillah mas kami sangat bersyukur sekali dan terimakasih banyak kepada pemerintah Kutai Barat," tuturnya.

Dan juga Yayasan Jantung Sehat Indonesia yang telah peduli dan mau membantu.

Baca juga: Dukung Pemkab Kubar dalam Tingkatkan PAD, RSUD HIS Akan Berlakukan Parkir Berbayar

"Uang ini nantinya kami bayarkan biaya pemasangan ring kepada orang tua kami di RS AWS Samarinda," ujar Dowi salah satu penerima babtuan.

Diketahui, Yayasan Jantung Sehat Indonesia merupakan swadaya masyarakat yang berfokus pada pemberian bantuan kemanusiaan berupa biaya pengobatan jantung bagi warga masyarakat yang kurang mampu di seluruh Indonesia.

Yayasan tersebut kemudian mendapat dukungan penuh dari pemerintah. (*)