Berita Paser Terkini

ASN Pemkab Paser yang Tak Ikut Vaksinasi Covid-19 Terancam Kena Sanksi, Tiap OPD akan Didata

Editor: Rahmad Taufiq
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Paser dr. Fahmi Fadli. Ia mengatakan, ASN di lingkup Pemkab Paser akan dilakukan pendataan terlebih dahulu di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Bupati Paser dr. Fahmi Fadli bakal memberikan sanksi teguran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum mengikuti vaksinasi.

Sejauh ini, Pemkab Paser masih terus berupaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi, guna menekan angka penyebaran Covid-19. 

Ditegaskan Fahmi Fadli, ASN di lingkup Pemkab Paser akan dilakukan pendataan terlebih dahulu di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kita sudah koordinasi dengan Sekda untuk dilakukan pendataan para ASN, kalau yang belum kita masih imbau, kalau tidak bisa maka kita beri teguran tertulis maupun lisan," ujar Fahmi Fadli, Selasa (23/11/2021).

Ia menilai, dengan menurunnya angka penyebaran Covid-19, juga berpengaruh pada semangat masyarakat yang ikut vaksinasi jadi rendah.

Baca juga: Mahulu Percepat Pencapaian Herd Immunity, Bupati Imbau Masyarakat Segera Daftar Vaksinasi

Baca juga: Sukses Capai Vaksinasi hingga 75 Persen, Mendagri Tetapkan PPKM Level I di Bontang

Guna membangkitkan semangat masyarakat, Bupati Paser berencana bakal memberlakukan vaksinasi sebagai salah satu syarat masyarakat untuk melakukan berbagai pengurusan sosial, terutama yang bersentuhan dengan pemerintahan.

"Seperti halnya pengurusan BPJS gratis dari Pemerintah Daerah harus kita wajibkan untuk ikut vaksin," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat masyarakat ingin mengurus KTP, maupun berobat ke Puskesmas juga harus menunjukkan bukti telah ikut vaksinasi.

"Kalau perlu harus menunjukkan sertifikat vaksin terlebih dulu," ucap Fahmi tegas.

Ia berharapan, pada Maret 2022 mendatang Pemkab Paser dapat mencapai target vaksinasi yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Baca juga: Capaian Program Vaksinasi Covid-19 di Kutai Barat Sudah Mendekati 80%, Kejar Target hingga 100%

"Mungkin Maret nanti cakupan vaksinasi di Paser sudah meningkat. Karena, kami diberi target tahun 2022 capaian vaksinasi sudah 70 persen," ucap Bupati Paser. (*)