Ekonomi dan Bisnis

Sejak Pandemi Covid-19, Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Modest Fashion Menahan Laju Usaha

Editor: Budi Susilo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno, saat berada di Plaza Balikpapan mengisi acara talkshow pada Selasa (30/11/2021). Dia menyebut, pandemi Covid-19 hampir menahan laju semua sektor. Termasuk modest fashion di berbagai daerah di Indonesia.

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno, menyebut, pandemi Covid-19 hampir menahan laju semua sektor.

Termasuk modest fashion di berbagai daerah di Indonesia. Banyak usaha-usaha kecil yang terpaksa tutup sementara bahkan tutup permanen.

Selama masa sulit ini, pemerintah Indonesia telah memberikan banyak kebijakan untuk mendukung industri.

"Termasuk kebijakan stimulus untuk restrukturisasi kredit, transformasi digital untuk UMKM, dan bantuan pembiayaan lainnya," kata Menteri Sandiaga saat membuka Indonesia Modest Fashion Week 2021, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Ibu Kota Negara Pindah, Menparekraf Sandiaga Uno Sebut Bangun Pariwisata Nasional di Kaltim

Baca juga: Menteri Sandiaga Uno Beli Batik di Balikpapan Buat Ahok, Desain Corak Kilang Pertamina

Baca juga: Workshop Pengembangan KaTa Kreatif 2021 di Samarinda, Menteri Sandiaga Uno Tetapkan 11 Daerah

Ditambahkan Sandiaga, memaparkan industri fashion berkontribusi 20 persen terhadap sektor ekonomi kreatif.

Sandiaga memaparkan, sebelum pandemi Covid-19, muslim di seluruh dunia menghabiskan USD 277 miliar untuk fashion.

Angka tersebut diproyeksikan meningkat menjadi USD 311 miliar pada 2024.

"Untuk Indonesia fashion adalah salah satu tulang punggung ekonomi kreatif. Berkontribusi hampir 20 persen di sektor ekonomi krestif," ujarnya. 

Baca juga: Perayaan HUT Ke-22 Dharma Wanita Persatuan, Istri Pejabat Ramaikan Lomba Fashion Show

Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, ucap Sandiaga, Indonesia adalah pasar yang menjanjikan. Bahkan, termasuk 5 besar negara dengan pasar tertinggi di dunia untuk modest fashion.

"Masuk dalam 5 besar tertinggi sebagai konsumen modest market di dunia. Berdasarkan laporan global islamic economic report 2020-2021," ucap Sandiaga.

Penyelenggaraan Indonesia Modest Fashion Week 2021 diharapkan Sandiaga dapat mendukung industri, terutama modest fashion di Indonesia yang siap mendunia.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menparekraf: Fashion Berkontribusi 20 Persen Terhadap Sektor Ekonomi Kreatif