Berita Samarinda Terkini

Desember 2021 Samarinda Uji Coba Layanan Doctor On Call, Diperkenalkan ke Puskesmas

Penulis: Hanifan Ma'ruf
Editor: Budi Susilo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sosialisasi uji coba program Doctor On Call oleh Dinas Kesehatan Samarinda, Kamis (2/12/2021).  

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, akan memulai uji coba layanan khusus Doctor On Call pada Desember 2021 ini.

Doctor On Call sendiri adalah pelayanan kesehatan melalui sambungan telepon yang terhubung dengan masing-masing puskesmas di tiap kecamatan dan kelurahan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Warga dapat menghubungi call center puskesmas di wilayah tempat tinggal nya untuk melaporkan keluhan penyakit yang nantinya akan ditangani langsung oleh tim dokter dan perawat dari tiap puskesmas.

Dokter dan perawat akan datang langsung ke lokasi apabila laporan dinilai perlu untuk dilakukan penanganan cepat.

Baca juga: 10 Puskesmas di Samarinda Jalankan Program Doctor On Call Mulai Desember, Penjelasan Wawali Rusmadi

Baca juga: Utamakan Keselamatan Tamu, Hotel Aston Balikpapan Gelar Simulasi Doctor on Call

Baca juga: Dibutuhkan Dokter dan Mekanik DAT, Cek Info Lengkap Lowongan Kerja Kaltim

Jika keluhan dirasa masih dapat ditangani, maka yang bersangkutan akan direkomendasikan untuk dibawa ke puskesmas terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Pemerintah Kota Samarinda melalui dinas kesehatan sendiri telah memulai sosialisasi kepada puskesmas yang ada di Kota samarinda terkait pelaksanaan layanan ini.

Pada bulan Desember rencananya satu puskesmas di tiap satu kecamatan akan memulai mlaksanakan uji coba layanan Doctor On Call.

Sehingga akan ada 10 puskesmas di Kota Samarinda yang melaksanakan program ini.

Baca juga: Komisi IV DPRD Samarinda Sebut tak Ada Penambahan Anggaran Kesehatan di APBD 2022

Diungkapkan oleh Walikota Samarinda, Andi Harun bahwa pemkot telah menginstruksikan kepada Dinas Kesehatan dan pihak terkait untuk merumuskan standar kedaruratan pasien dalam penanganan Doctor On Call nantinya.

“Maka ini yang perlu kita sosialisasikan supaya tidak ada gap pemahaman antara definisi kedaruratan yang dipahami masyarakat dan kedaruratan dari sisi medis, yang kita maksud disini darurat dari sisi medis,” ujar wali kota, Kamis (2/12/2021).

Halaman
12