Amalan dan Doa

Bersiwak Merupakan Anjuran Nabi Muhammad SAW, Ini Keutamaannya, Baik untuk Kesehatan Gigi

Editor: Nur Pratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Bersiwak

TRIBUNKALTIM.CO - Bersiwak merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW, Ini keutamaannya, Baik untuk kesehatan gigi.

Di zaman sekarang bersiwak lebih dikenal dengan mengosok gigi, biasanya orang mengosok gigi ketika pagi dan ketika ingin beranjak tidur.

Namun taukah kita, bahwasanya bersiwak itu memiliki faidah yang besar?

Bahkan nabi Muhammad saw. sendiri memerintahkan kita untuk tidak meninggalkan siwak ketika sedang ingin melaksanakan ibadah.

Dari Abu Hurairah r.a., katanya: "Rasulullah saw. bersabda:

"Andaikata tidak akan menjadikan keberatan bagi ummatku atau atas sekalian manusia, nescayalah mereka itu akan saya perintah untuk bersiwak pada tiap-tiap akan bersembahyang." (Muttafaq 'alaih)

Dari Hudzaifah r.a., katanya: "Rasulullah saw. itu apabila bangun dari tidur, beliau menggosok-gosok mulutnya, yakni gigi-giginya dengan siwak." (Muttafaq 'alaih)

Baca juga: Bacaan Doa untuk Menghilangkan Pikiran Negatif, Agar Tidak Merugikan Diri Sendiri dan Orang Lain

Baca juga: Agar Dikabulkan Allah SWT, Ini 6 Waktu Terbaik untuk Memanjatkan Doa, Diantaranya Sepertiga Malam

Dari Aisyah radhiallahu 'anha, katanya: "Kita semua menyediakan untuk Rasulullah saw. akan siwaknya serta air untuk berwudhu'nya, lalu ia dibangkitkan oleh Allah sekehendak waktu yang diinginkan olehNya untuk membangkitkannya di waktu malam, lalu beliau saw. bersiwak lalu berwudhu' dan terus ber-sembahyang." (Riwayat Muslim)

Dari Anas r.a., katanya: "Rasulullah saw. bersabda: "Saya perbanyakkan benar untuk menyuruh engkau semua dalam hal bersiwak." (Riwayat Bukhari)

Dari Syuraih bin Hani', katanya: "Saya berkata kepada Aisyah radhiallahu 'anha: "Dengan amalan apakah yang dimulai oleh Nabi saw., jikalau beliau saw. memasuki rumahnya?" la menjawab: "Dengan bersiwak." (Riwayat Muslim)

Halaman
123