Berita Balikpapan Terkini

Keinginan Menkeu Tinjau IKN Terkabul, Sri Mulyani: Saya Ikut Bahas UU tapi Nggak Lihat Lokasinya

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam kegiatan penandatanganan prasasti penanda aset SBSN di ITK, Rabu (5/1/2021).

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati besok, Kamis (6/1/2022), akan meninjau lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Keinginannya meninjau lokasi calon Ibu Kota Negara terkabul lantaran Kementrian Keuangan yang akan menggelontorkan anggaran mega proyek tersebut.

Selain meninjau titik nol ibu kota negara, Sri Mulyani juga akan meninjau calon lokasi istana negara, gardu pandang, bendungan Sepaku Semoi, dan jembatan Pulau Balang.

"Saya ikut membahas UU IKN, tapi saya nggak pernah lihat lokasinya. Saya kira jadi kurang afdol," ujarnya saat berada di Balikpapan, Rabu (5/1/2022).

Dengan meninjau lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN), lanjut Sri Mulyani, dirinya akan membayangkan kebutuhan anggaran untuk biaya dan tingkat kesulitan pembangunan.

Baca juga: Menkeu Sri Mulyani Sebut Proyek Prioritas SBSN di Kaltim untuk Ibu Kota Baru

Baca juga: AKHIRNYA Desain Istana Negara IKN di Kaltim Disetujui Jokowi, Ini Kisah Nyoman Nuarta yang Mendesain

Menurutnya rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur merupakan keputusan politik yang sangat besar. Sebab akan berpengaruh pada sosisal, ekonomi, lingkungan, dan keseimbangan politik.

"Sehingga kita bisa sinkronkan dalam mendesain dan mengeksekusi karena pemindahan IKN merupakan langkah besar," jelasnya.

Sri Mulyani saat ini juga mulai menyiapkan kebutuhan anggaran untuk program pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di APBN 2022.

Namun, rincian anggaran untuk IKN belum ditetapkan karena masih pembahasan. Saat ini masih dalam perhitungan dan akan keluar angka final setelah RUU selesai dibahas. (*)

Berita Terkini