Berita Kaltim Terkini

Anggota DPR RI Soroti Fasilitas Pendukung 2 Bandara di Kaltim saat Hearing Bareng Kemenhub

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Komisi V DPR RI, Irwan mengemukakan pendapatnya dalam rapat bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI serta Dirut Angkasa Pura I dan II, Selasa (5/4/2022). TANGKAP LAYAR/TV PARLEMEN

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Anggota DPR RI Dapil Kaltim Irwan menyoroti fasilitas pendukung yang ada di dua Bandar Udara (Bandara) utama di Kaltim.

Hal tersebut diungkapkannya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi V DPR RI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI serta Dirut Angkasa Pura I dan II, Selasa (5/4/2022) disiarkan secara live di TV Parlemen.

Anggota Komisi V DPR RI tersebut mengungkapkan bahwa mendapat laporan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Kota Balikpapan kini kondisinya sangat panas.

"Kemudian untuk Angkasa Pura, Bandara Sepinggan Balikpapan, Kalau dua tahun terakhir oke lah ya, karena memang kondisi rate penumpang turun drastis," ungkap Irwan.

"Tapi sejak dibuka ini sudah cukup padat, tetapi sumuk pak, saya dapat beberapa laporan panas sekali bandaranya di sana itu," imbuhnya.

Baca juga: Anggota DPR RI Irwan Ingatkan Presiden Saat Berkemah di IKN, Rawan Pohon Roboh

Baca juga: Irwan Serahkan Bantuan Bus Sekolah Kemenhub Kepada Stiper Kutai Timur Melalui Aspirasinya

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan, sebentar lagi suasana mudik lebaran akan terasa.

Pemerintah yang telah memperbolehkan mudik dengan beberapa persyaratan.

Hal ini pun bakal memicu masyarakat yang merantau di Kaltim akan melakukan perjalanan mudik sehingga bakal terjadi kepadatan penumpang di bandara tersebut.

"Sebentar lagi mudik, saya harap bisa dihidupkan lagi semua peralatan pendingin ruangan dan lain-lainnya pak, agar kenyamanan penumpang juga sesuai dengan apa yang mereka keluarkan," terang Irwan.

Selain Bandara SAMS Sepinggan Kota Balikpapan, dia juga menyoroti Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Kota Samarinda, fasilitas pendukung di sekitar area bandara ini sangat minim pembenahan, khususnya di area sekitar depan bandara Ibu Kota Provinsi Kaltim ini.

"Kemudian, lagi-lagi pak Dirjen saya ingatkan untuk lansekap Bandara APT Pranoto, saya juga malu pak tiap lewat situ," ucap Irwan.

Baca juga: Resmi Pimpin Partai Demokrat Kaltim, Irwan Siapkan Terowongan Capres Bagi AHY

Kendati demikian, Irwan juga mengapresiasi pihak Kemenhub yakni Dirjen Perhubungan Udara yang telah melakukan beberapa penambahan taxiway, drainase runway, dan adanya rencana perpanjangan runway.

Secara khusus, Irwan menyampaikan terima kasih 

"Tetapi tetap yang dilihat itu pasti halaman mukanya pak, saya minta agar bisa dibuat lansekapnya pak, apa lagi juga itu jadi salah satu bandara yang sekarang paling ramai dikunjungi sejak ada penetapan IKN," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel