Berita Kubar Terkini

Fokus Perbaiki Jalan Menuju Sentra Pertanian, Pemkab Kubar Gelontorkan Dana Rp 22 Miliar

Penulis: Zainul
Editor: Aris
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peningkatan jalan menuju Kampung Intu Lingau, Kecamatan Nyuatan Kutai Barat terus dikerjakan sebagai salah satu akses jalan menuju kawasan sentra pertanian yang tengah menjadi salah satu fokus pembangunan pemerintah Kutai Barat. (TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL)

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR – Kawasan sentra pertanian yang tersebar di beberapa Kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Kutai Barat menjadi salah satu fokus pembangunan pemerintah. 

Bahkan tahun ini, pemerintah Kutai Barat kembali menggelontorkan dana sebesar Rp 22 miliar untuk mendukung perkembangan sektor pertanian melalui proyek peningkatan ruas jalan menuju daerah-daerah sentra pertanian masyarakat. 

Salah satu daerah sentra pertanian yang mendapat kucuran dana tahun ini adalah Kampung Intu Lingau, di Kecamatan Lakan Bilem.

Sebagaimana diketahui, Kampung Intu Lingau merupakan Kampung paling ujung dari Ibu Kota Kecamatan Nyuatan dan dinobatkan sebagai Kampung yang memiliki sentra pertanian yang cukup luas didukung dengan kondisi tanah yang sangat subur sehingga dinilai cocok untuk pengembangan sektor pertanian. 

Baca juga: Alat Berat di TPA Belaw Banyak Rusak Dimakan Usia, Wabub Kubar Minta Dinas Terkait Susun Perencanaan

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kubar, Sahadi mengatakan, perhatian besar Pemkab terutama dari segi infrastruktur jalan dan jembatan.

" Jalan yang masuk peningkatan tahun anggaran 2022 yakni jalan Lakan Bilem menuju  Intu Lingau, jalan Intu Lingau ke  Merakng, serta jalan Intu Lingau ke  Kampung Sembuan.

Untuk peningkatan jalan Intu Lingau, Lakan Bilem, Merakng dan jembatan Sungai Ngahan, pada tahun depan ada tambahan anggaran sebesar Rp63 miliar, " kata Sahadi," Minggu (2/10/2022).

Baca juga: Fasilitas Alat Berat di TPA Belaw Banyak Rusak, Wabub Kubar Minta Susun Perencanaan

Dia menjelaskan dalam lima tahun terakhir, Pemkab Kubar telah mengelontorkan dana hingga ratusan miliar untuk membangun jalan kelas satu (rigid beton) dan beberapa jembatan kelas A yang ada di wilayah Kutai Barat.

Termasuk diantaranya adalah pembangunan infrastruktur jalan ke kampung Intu Lingau yang dikenal sebagai daerah penghasil buah durian di Kubar ini.

Proyek peningkatan jalan di Kampung tersebut kini terus dikerjakan dan ditargetkan rampung secara keseluruhan pada tahun 2023 mendatang.

Baca juga: Jenazah Mandor Sawit di Kubar Diboyong Rekannya ke Depan Kantor Gubernur Kaltim, Ini Penyebabnya

" Untuk tahun ini saja, Pemkab Kubar telah mengalokasikan dana Rp 22 miliar untuk peningkatan jalan dalam Kampung Intu Lingau, serta jalan antar desa yang menghubungkan Intu Lingau dengan kampung tetangga," sebutnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.