Berita Balikpapan Terkini

3 Rumah di Graha Indah Balikpapan Terkena Longsor, Seorang Penghuni Sempat Tertimpa Reruntuhan

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah
Editor: Aris
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondisi bangunan yang ambles akibat terdampak longsor di Jalan Sangga Buana RT 52, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara, Balikpapan, Senin (3/10/2022). (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO)

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Sebanyak tiga rumah di kawasan Jalan Sangga Buana RT 52, Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara terdampak ambles usai terkena longsor, Senin (3/10/2022) dini hari.

Salah satu penghuni bahkan mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan. Kejadian tersebut sekira pukul 04.00 Wita, yang mana pada saat itu para penghuni masih tertidur.

Asmar (55), namanya, pemilik rumah mengklaim bahwa pergerakan tanah sudah terjadi sejak satu bulan lalu. Secara perlahan, rumah yang berada di tebing tepi jalan itu retak.

"Sedikit demi sedikit longsornya sudah satu bulan lalu. Rebah rumah pas 03.30 Wita tadi malam. Itu rumah saya," tuturnya menunjuk sisa bangunan rumahnya yang runtuh, Senin (3/10/2022) siang.

Baca juga: Tuntut Penutupan Pendaftaran dan Perubahan Sistem, Ratusan Driver di Balikpapan Demo Kantor Gojek

Dia mengaku mengalami luka di bagian kepala dan tangan, dikarenakan pada saat kejadian Asmar mencoba menyelamatkan barang berharga.

Pada saat di lantai satu rumah, tiba-tiba tembok beton roboh hingga menjebol papan lantai dan menimpa kepala Asmar.Beruntung pada saat kejadian, ayah 5 anak ini dapat menyelamatkan diri.

"Saya luka di bagian tangan dan kepala sebelum rebah saya selamatkan barang saya, tiba-tiba tembok jatuh ke lantai hingga jebol dan tertimpa ke lantai bawah," jelasnya.

Baca juga: Bagaimana Cuaca Hari Ini Balikpapan, Senin 3 Oktober 2022, Dini Hari Hujan di 4 Kecamatan

Dia mengetahui bahwa rumahnya akan longsor sehingga jauh-jauh hari anak dan istrinya diungsikan ke rumah keluarga.

"Jadi memang kondisinya udah miring, keluarga udah diungsikan sebelumnya. Tapi longsornya kan gak tahu ini aja tiba-tiba rebah," paparnya.

Camat Balikpapan Utara Muhammad Idris beserta perangkat Kecamatan dan Kelurahan Graha Indah langsung melakukan peninjauan lokasi longsor.

Idris memaparkan pihaknya jauh-jauh hari sudah mengetahui adanya pergerakan tanah di rumah milik Asmar.

Baca juga: Puncak Hari Jadi BLC, Hadirkan Pasha Ungu dan Komika Mongol Stres di Hotel Grand Senyiur Balikpapan

"Sebenarnya sudah lama pergerakannya terpantau dan sudah diusulkan untuk dipindahkan dan kami berikan bantuan sewa rumah agar pak Asmar bisa ditempat lebih aman. Karena masih proses tiba-tiba ada pergerakan lebih cepat dari dugaan sehingga rumahnya runtuh," paparnya saat di lokasi.

Saat ini keluarga Asmar kata Idris sudah berada di tempat tinggal yang aman. Pihakya sudah berkoordinasi dengan bagian pemerintahan Pemkot Balikpapan untuk segera memberikan bantuan sewa rumah.

Sedangkan untuk lahan yang longsor, akan dilakukan pembahasan kepada Pemkot Balikpapan.

"Kami langsung melihat lokasi, kita tidak bisa memprediksi hal ini. Penanganan awal untuk sewa rumah dari bagian pemerintah kita upayakan," pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.