Ibu Kota Negara

Bangun Sport Science Center di IKN, Pemprov Optimistis Ajang Olahraga Dunia Bisa Digelar di Kaltim

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan saat berkunjung ke Ibu Kota Nusantara medio Agustus 2022 lalu.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Selain infrastruktur pemerintahan, kesehatan dan pendidikan, Ibu Kota Nusantara (IKN) juga tidak terlepas dari pembangunan fasilitas penunjang olahraga dan pembinaan kepemudaan.

Wakil Presiden Maruf Amin saat ke Kaltim menghadiri Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 mengungkapkan pemerintah akan membangun Sport Science Center di IKN.

Pembangunan ini sendiri guna pengembangan ekosistem olahraga nasional.

Fasilitas tersebut akan sangat bermanfaat bagi para atlet untuk mengembangkan diri.

Selain Sport Science Center, lahan seluas 50 hektare juga disiapkan guna membangun fasilitas olahraga (Training Center) yang juga diperuntukkan bagi pemain timnas sepak bola Indonesia, mulai timnas U-16 hingga jenjang senior.

Baca juga: 2 Klasifikasi Investor yang akan Masuk ke IKN Nusantara, Punya Modal dan Teknologi

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan juga sudah berkunjung ke Titik Nol IKN, Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU).

Pemprov Kaltim sendiri melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) mendukung penuh rencana pembangunan Sport Science Center dan Training Center di IKN.

Kadispora Kaltim Agus Tianur mengungkapkan dibangunnya Sport Science Center dan di IKN dapat mendukung berbagai macam kegiatan olahraga bertaraf Nasional maupun Internasional akan terselenggara di Provinsi Kaltim.

"Insya Allah. Artinya, jika IKN ini terbentuk. Paling tidak event-event Internasional akan ada di sini secara otomatis," ungkapnya, Senin (3/10/2022).

Hal ini juga tidak akan susah digelar di Kaltim, pasalnya venue-venue di Benua Etam juga memadai untuk terselenggaranya event-event Nasional dan Internasional.

Baca juga: Pekerja IKN Berdatangan, RS Pratama Sepaku Diberi Dana Rp20 Miliar Guna Tingkatkan Layanan Kesehatan

"Tinggal diperbaiki, direhab dan disesuaikan dengan standar Internasional saja (venue yang ada)," ucap Agus Tianur.

Sport Science Center ini dibangun bukan untuk atlet Kaltim, namun secara luas, yaitu untuk atlet Indonesia.

Meski demikian, keuntungan atlet Kaltim tentu akan dekat dengan IKN untuk melaksanakan pembinaan.

Untuk itu, Agus Tianur ingin ini juga menjadi motivasi atlet Kaltim serta generasi muda yang bercita-cita menjadi atlet.

"Nantinya, pusat pembinaan akan ada di sini. Atlet kita bisa lebih dekat aksesnya ke IKN. Namun, harus tetap menunjukkan kemampuannya agar bisa ke Sport Science Center. Atlet-atlet terbaik Indonesia akan muncul disini, bahkan mungkin kelasnya Olimpiade," terangnya.

Sekadar diketahui, Agus Tianur turut menyampaikan, dari informasi yang dia terima bahwa nantinya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bersama PSSI akan lebih dulu membangun Sport Science Center di IKN untuk diklat sepak bola.

Baca juga: Tak Hanya Sumber Air IKN Nusantara, Bendungan Sepaku Semoi Reduksi Banjir 55 Persen

Sebelum nantinya, dibangun training center yang direncanakan PSSI dengan lahan seluas 50 hektare di IKN.

"Ya, yang pertama itu adalah diklat sepak bola akan dibangun Kemenpora dan PSSI, sementara yang lainnya akan menyusul," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.  

Berita Terkini