Berita DPRD Kukar

Banyak Diklaim Warga, Komisi IV DPRD Kukar Usulkan Aset Pemerintah Dipasang Plang

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kukar, Syarifuddin mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk melakukan pendataan ulang aset-aset pemerintah. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Komisi IV DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk melakukan pendataan ulang aset-aset pemerintah.

Pendataan aset-aset tersebut harus dilakukan terhadap aset yang bermasalah dengan masyarakat atau ahli waris maupun tidak.

Hal ini diperlukan untuk menghindari pihak-pihak tertentu yang segaja memanfaatkan aset milik pemerintah.

Sebab, banyak aset pemerintah tidak memiliki tanda kepemilikan, kemudian ada orang yang mengklaim lalu menjual lahan kepada orang lain.

Lantaran hal tersebut, bukan yang pemerintah saja yang dirugikan tetapi masyarakat yang membeli aset juga ikut merugi.

Baca juga: DPRD Kukar Turun Tangan, Distribusi Bantuan Sapi Untuk Poktan Bermasalah

“Makanya kami usul agar dilakukan pemasangan plang untuk semua aset-aset pemerintah termasuk ukurannya," ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kukar, Syarifuddin, Senin (3/10/2022).

"Dipermanenkan supaya jangan ada lagi orang yang melakukan penyerobotan terhadap lahan aset daerah,” sambungnya.

Politisi Fraksi PAN itu mengatakan, pendataan ulang aset perlu dibenahi lagi, mengingat masih bangunan yang tercatat sebagai aset namun lahannya tidak.

Contohnya, sekolah filial yang menghabiskan Rp 1,3 miliar tapi hanya tercatat bangunan saja. Sedangkan tanahnya tidak terdata sebagai aset, meskipun penjelasan dari pihak sekolah sudah dihibahkan.

Baca juga: Paripurna Istimewa HUT ke-240 Tenggarong, Ketua DPRD Kukar: Momentum Untuk Berbenah

“Terkadang jika orang tuanya sudah meninggal, ahli warisnya yang minta ganti rugi. Itu yang terkadang membuat persoalan di masyarakat,” ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.  

Berita Terkini