Ibu Kota Negara

Market Sounding IKN akan Dipimpin Presiden Jokowi, Peraturan Pemerintah Tengah Disiapkan

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN, Sidik Pramono mengungkapkan peran pemerintah dalam menarik investor juga akan terlibat dengan adanya market sounding oleh Presiden Jokowi dan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai landasan hukum.

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Demi menarik investasi pihak ketiga untuk ikut serta dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Presiden RI Joko Widodo juga akan turun langsung untuk nantinya menawarkan.

Melalui Koordinator Tim Informasi dan Komunikasi Tim Transisi IKN, Sidik Pramono, hal tersebut diinformasikan adanya rencana Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) yang tetap akan merealisasikan market sounding atau penjajakan minat pasar.

"Rencananya market sounding tersebut akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk mempromosikan berbagai proyek peluang investasi di IKN serta mendengarkan berbagai aspirasi dari investor," terang Sidik, Senin (3/10/2022) dalam keterangan resminya.

Dilanjutkannya, bahwa Pemerintah akan mengundang berbagai pelaku usaha dari dalam dan luar negeri.

Baca juga: Pemprov Kaltim dan Badan Otorita IKN Nusantara akan Bersinggungan Soal Kawasan Investasi

Ini dilakukan untuk mengoptimalkan keterlibatan pelaku usaha dalam pembangunan IKN.

Sehingga, pengembangan IKN bisa meminimalisir alokasi dana yang bersumber dari APBN.

Ke depan IKN akan membuka peluang usaha yang sangat luas.

Berbagai sektor seperti kelautan dan perikanan, pertanian, energi, perdagangan, kesehatan, pendidikan serta kebudayaan, pariwisata sampai sektor-sektor lain yang telah direncanakan sebagaimana termuat di dalam Rencana Induk IKN akan dilakukan.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) sebagai landasan hukum pemberian perizinan berusaha, kemudahan berusaha, dan fasilitas penanaman modal di IKN.

"Targetnya akan selesai dalam waktu dekat ini," jelas Sidik.

Baca juga: Hebat, Air dari Bendungan Sepaku Semoi Bisa Langsung Diminum Warga IKN Nusantara

Sidik mengatakan juga, bahwa IKN sebagai proyek yang memiliki nilai strategis bagi perekonomian nasional tentu akan memberikan kemudahan dan fasilitas menarik bagi investor.

"Harapannya skema-skema yang (tengah) disiapkan akan memiliki keunggulan bagi dunia investasi di tingkat regional, mengungguli negara-negara tetangga," tandasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik linkĀ https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.