Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Terbukti Lima Sila Menyatukan Keberagaman, Bupati Edi: Sumber Nilai Membangun melalui 'Kukar Idaman'

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bupati Kukar Edi Damansyah menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila, dirangkai dengan penyerahan beasiswa program studi D3 dari PT Rea Kaltim Plantation, di halaman kantor bupati setempat, Sabtu (1/10/2022).

TRIBUNKALTIM.CO - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum yang tepat untuk semakin menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Hal itu dikatakan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, dalam amanatnya pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor bupati setempat, Sabtu (1/10/2022).

Acara dirangkai dengan penyerahan beasiswa program studi D3 dari PT Rea Kaltim Plantation untuk mendukung program Kukar Idaman, khususnya guna peningkatan Sumber Daya Manusia Kukar.

Baca juga: Festival Anak Sholeh, Ajang Menumbuhkan Nilai Keislaman di Kubar

Bupati mengatakan, nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara yang terkandung lima nilai dalam sila Pancasila merupakan ideologi bangsa yang komprehensif.

Yaitu serius dalam ber-Tuhan, wujudkan kemanusiaan dan peradaban, persatuan dalam perbedaan, permusyawaratan yang mengedepankan hikmat dan kebijaksanaan, serta keadilan sosial harus diwujudkan dalam cita-cita pembangunan.

"Terbukti, dengan lima sila mampu menyatukan berbagai keberagaman dalam wadah NKRI, dan terbukti kesaktiannya tidak mampu digoyahkan oleh ideologi yang mau menggantikannya, " tegas Bupati Edi.

Menurutnya, Pancasila sebagai sumber nilai, semangat untuk mengembangkan sikap dan komitmen dalam membangun Kukar melalui program Kukar Idaman (Inovatif, Berdaya saing, Mandiri), sebagai gagasan yang tulus dari hasil pemikiran yang luhur.

Baca juga: DLH dan Perusahaan Berbenah, Persiapkan Data Penilaian Panji Keberhasilan Sektor Kehutanan

Terkait beasiswa, Edi mengatakan, hal itu merupakan bentuk sinergitas ini Pemkab Kukar melalui Program Bea Siswa Kukar Idaman bersinergi PT Rea Kaltim, dengan pemberian beasiswa kepada putera daerah untuk program D3 Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit Politeknik.

Turut hadir Wakil Bupati Reni Solihin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar, para staf ahli, para asisten, para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kukar, jajaran TNI, Polri, ASN, tokoh masyarakat, tokoh agama, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan serta pelajar. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.