Berita Kukar Terkini

14 Ribu Nelayan di Kukar Bakal Terima BLT BBM, Nilainya Rp350 per Bulan

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Aris
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi nelayan di Kalimantan Timur usai melaut. (TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO)

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 14 ribu nelayan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, akan mendapat bantuan langsung tunai (BLT) 2022.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar, Ali Husaini menyebut, setiap nelayan akan mendapat bantuan sebesar Rp 350 ribu per bulan.

“Rincinya sedang kami hitung. Tapi perorang akan menerima BLT sekitar Rp 350 ribu per bulan, selama tiga bulan,” ujarnya, Rabu (5/10/2022).

Bantuan kepada nelayan tersebut bersumber dari APBD Kukar sebagai bentuk pengembangan kapasitas nelayan kecil melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

Baca juga: 275 Atlet Dilepas Menuju POPDA Kaltim di Paser, Kukar Target Jadi Juara Umum

Kebijakan ini diambil dalam rangka untuk penanggulangan angka kemiskinan. Sasaran bantuan ini diprioritaskan terhadap nelayan yang bermukim di bantaran Sungai Mahakam.

Terutama, yang tinggal di Kecamatan Loa Janan, Muara Kaman, dan Samboja, menjadi yang paling prioritas menerima BLT.

"BLT ini akan disalurkan secara bertahap rentang Oktober hingga Desember 2022," kata Ali Husaini.

Saat ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Kukar tengah berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Sebab, data yang dipakai mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Baca juga: Berpotensi Hasilkan PAD Besar, DPRD Kukar Minta Wisata Pulau Kumala Dikemas Lebih Menarik

Sementara, untuk penyaluran bantuan kepada nelayan akan dilakukan melalui Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Bankaltimtara).

Dinas Kelautan dan Perikanan berharap, BLT mampu membantu nelayab untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kebutuhan sehari-hari saat mencari ikan.

“Istilahnya meringankan nelayan dalam hal BBM-nya,” pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Terkini