Berita Balikpapan Terkini

Warga Karang Joang Balikpapan Diajarkan Budidaya Ayam, Buat Vaksin Alami

Penulis: Ardiana
Editor: Budi Susilo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menghadirkan program CSR di wilayah Karang Joang Balikpapan, Kalimantan Timur.

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan menghadirkan program CSR di wilayah Karang Joang Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dengan program Petratonik (Peternakan Ayam Terintegrasi Black Soldier Fly dan Sayuran Organik).

Melalui siaran pers yang diterima TribunKaltim.co hari ini, Kamis, (6/10/2022), Kelompok yang diprakarsai oleh mayoritas ibu-ibu rumah tangga melalui program CSR tersebut, memiliki rutinitas beternak dan bercocok tanam setiap hari.

Seperti beternak ayam dan lele. Oleh karenanya, untuk meningkatkan pemahaman terkait budidaya ayam, Pertamina melakukan Pelatihan Budidaya Ayam kemarin (5/10/2022).

Baca juga: Kapolres Bontang Puji Anak Buahnya Ternak Ayam Potong, Dukung Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Untuk diketahui, Budidaya ayam merupakan sub kegiatan kelompok yang diintegrasikan dengan budidaya BSF, lele dan sayuran organik.

Kelompok memanfaatkan BSF sebagai pakan alternatif untuk pakan ayam dan lele.

BSF sendiri dikenal sebagai hewan yang kaya protein dan dapat dipergunakan sebagai nutrisi tambahan untuk perkembangan ayam.

Pelatihan ini menghadirkan praktisi budidaya ayam dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Dali.

Ia sudah beternak budidaya ayam kampung sejak tahun 2008 dan terkenal sebagai pengolah pakan Budidaya ayam kampung di Desa Rintik Babulu yang menggunakan pakan organik dari dedaunan.

Baca juga: Kapolres Bontang Puji Anak Buahnya Ternak Ayam, Sebut Dukung Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Kabarnya, Pensiunan PNS guru SMK 5 Samarinda ini memilih jalan usaha beternak ayam kampung dengan pakan organik untuk mengurangi biaya produksi.

Terbukti sepanjang ia beternak dengan metode tersebut, hasilnya mencapai 10 kali lipat dari penggunaan pakan konvensional.

Selain itu Dali juga membuat vaksin alami untuk ayam dengan menggunakan ramuan herbal dari perkebunannya.

Ramuan herbal yang digunakan oleh Dali seperti jahe, kunyit, lombok, serai, dan bawang bawangan.

"Pemilihan calon ayam yang berkualitas sangat berpotensi menunjang keberhasilan dalam usaha budidaya ayam, kelompok juga perlu memperhatikan pakan ayam," ucapnya.

Ia menambahkan, pemberian pakan yang tepat merupakan salah satu kunci dari keberhasilan budidaya ayam.

Sehingga pemberian pakan yang berkualitas tinggi membuat ayam tumbuh dengan prima.

"Hal tersebut mempunyai peran penting dalam menentukan hasil panen ternak," tambahnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponse