Berita Nasional Terkini

Rocky Gerung Tanya Pilihan Capres, Jusuf Kalla: Saya Punya Kriteria, Sosok Kuat, Tegas dan Netral

Penulis: Amilia Lusintha
Editor: Amilia Lusintha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bersama Rocky Gerung, Jusuf Kalla sebut kriteria calon presiden yang akan dipilih yaitu yang sosok tegas, kuat, netral, dan mampu mengambil keputusan.

TRIBUNKALTIM.CO - Bersama Rocky Gerung, Jusuf Kalla sebut kriteria calon presiden yang akan dipilih yaitu yang sosok tegas, kuat, netral, dan mampu mengambil keputusan.

Hal tersebut disampaikan oleh Jusuf Kalla dalam tayangan RGTV bersama pengamat politik Rocky Gerung, Jumat (25/11/2022).

Mantan wakil presiden SBY dan Jokowi yakni Jusuf Kalla memiliki syarat mutlak untuk kriteria calon presiden 2024, yaitu kecerdasan.

"Paling penting juga cerdas, kalau gak ada bahaya buat ekonomi, politik, sosial, dan internasional," kata Jusuf Kalla.

Menjelang Pilpres 2024 mendatang, dalam tayangan tersebut Rocky Gerung menanyakan pilihan calon presiden Jusuf Kalla diantara pilihan Anies Baswedan atau Airlangga Hartarto.

Pertanyaan ini diajukan oleh Rocky Gerung mengingat Jusuf Kalla merupakan salah satu tokoh dari sejarah politik Indonesia dan memiliki sumber daya ekonomi yang cukup besar.

"Airlangga Hartarto atau Anies Baswedan? Kan pak Jusuf Kalla punya resources ekonomi dan politik yang cukup besar," tanya Rocky Gerung.

Menjawab pertanyaan Rocky Gerung, Jusuf Kalla tidak secara jelas menjawab pilihannya.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa dirinya dekat dengan Anies Baswedan dan Airlangga Hartarto secara pribadi.

Baca juga: Rocky Gerung Sebut Threshold 20 Persen Racun Demokrasi, Calon Independen Basis Utama Demokrasi

"Saya mempunyai suatu kriteria, dan saya juga mengharapkan kita semua memilih secara objektivitas berdasarkan kriteria," ujar Jusuf Kalla.

Terkait itu, Rocky Gerung menyoroti Anies Baswedan harus diasuh oleh relawan, karena jika diasuh oleh partai menurutnya akan ada transaksi (money politik).

"Bagaimana cara kita mengaktifkan akal sehat supaya kita bisa halangi money politik?" tanya Rocky Gerung kepada Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla menjawab, partai politik dan relawan sama pentingnya.

"Sebab, orang tidak akan bisa menjadi calon presiden tanpa dukungan partai 20 persen," jawab Jusuf Kalla.

Baca juga: Kebersamaan Anies Baswedan, Jusuf Kalla dan Mahfud MD Saat Hadiri Munas KAHMI di Palu

Halaman
12

Berita Terkini