Gempa Bumi

Dampak Gempa Garut Magnitudo 6,4, Penjelasan Lengkap BMKG, Lokasi dan Kedalaman Episenternya

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pengumuman terkait gempa Garut hari ini, Sabtu (3/12/2022). Dampak gempa Garut magnitudo 6,4. Penjelasan lengkap BMKG, lokasi dan kedalaman episenternya.

TRIBUNKALTIM.CO - Indonesia kembali diguncang gempa bumi, hari ini, Sabtu (3/12/2022).

Hari ini, Sabtu (3/12/2022) sekitar pukul 16.49 WIB terjadi gempa Garut dengan magnitudo 6,4.

Gempa Garut magnitudo 6,4 hari ini, Sabtu (3/12/2022) merupakan gempa tektonik yang mengguncang wilayah selatan Garut, Jawa Barat.

Untuk diketahui, gempa tektonik adalah gempa bumi yang terjadi dikarenakan pergeseran lapisan kulit bumi akibat lepasnya energi di zona penunjaman.

Dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa Garut hari ini tidak berpotensi tsunami.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dr. Daryono mengumumkan hasil analisis gempa di Garut sore ini. Selang sesaat usai gempa tersebut, 

Berdasarkan keterangan resmi yang dilansir TribunKaltim.co dari kompas.com, Sabtu (3/12/2022), Daryono mengatakan, "Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,1." 

Sesuai dengan data BMKG, episenter gempa Garut terletak pada koordinat 7,44° LS ; 107,51° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Mekarmukti, Garut, Jawa Barat pada kedalaman 109 km.

Jenis dan mekanisme gempa Garut

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di Garut, Jawa Barat hari ini adalah jenis gempa bumi menengah.

Baca juga: Wilayah yang Merasakan Gempa Magnitudo 6.4 di Garut Jawa Barat Hari Ini, Beberapa Alami Kerusakan

Gempa ini diakibatkan oleh adanya aktivitas dalam lempeng Indo-Australia (intraslab).

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Daryono.

Dampak gempa Garut

Guncangan yang cukup besar itu menimbulkan dampak yang dirasakan oleh masyarakat di sejumlah wilayah.

Halaman
123

Berita Terkini