Gelar PIA 2022, Pupuk Kaltim Capai Penghematan hingga Rp 66 Miliar

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pupuk Kaltim saat menggelar Pupuk Kaltim Innovation Award atau PIA ke-34 tahun 2022. Kegiatan ini digelar sebagai upaya mendorong semangat inovasi tiap unit kerja, karyawan serta anak perusahaan dan afiliasi di bawah naungan perseroan.

TRIBUNKALTIM.CO - Tingkatkan budaya inovasi di lingkungan perusahaan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) kembali menggelar Pupuk Kaltim Innovation Award (PIA) ke-34 tahun 2022.

Kegiatan tahunan dengan tema “Investing for Our Future” ini, digagas sebagai upaya mendorong semangat inovasi tiap unit kerja, karyawan serta anak perusahaan dan afiliasi di bawah naungan perseroan.

Ketua Panitia PIA 2022, Insyiah Meida Luktyansyah mengungkapkan, kepesertaan PIA tahun ini mengalami peningkatan 45 persen dari tahun sebelumnya, dengan total 713 makalah.

Terdiri dari 701 makalah dari lingkup unit kerja Pupuk Kaltim, serta 12 makalah dari anak perusahaan dan Joint Venture Company (JVC).

Baca juga: Kembangkan Inovasi Berkelanjutan, Pupuk Kaltim Borong Prestasi di TKMPN 2022

Seluruhnya terbagi dalam lima kategori, yakni 78 makalah PKM, 177 makalah GKM, 142 makalah SSG, 124 makalah SS dan 192 makalah kategori Fame.

Dari keseluruhan inovasi yang digagas, didapati nilai penghematan mencapai Rp 66 miliar, atau meningkat 11 persen dari tahun 2021 sebesar Rp 60 Miliar.

"Selain penghargaan bagi gugus dengan inovasi terbaik, PIA 2022 juga memberikan apresiasi kepada unit kerja dengan inovasi teraktif, serta karyawan yang melakukan improvement di unit kerja," ujar Meida, saat Awarding PIA 2022 di Ballroom Hotel Grand Equator Bontang, Senin (28/11/2022).

Bagi gugus inovasi terbaik pada PIA tahun ini, akan diusulkan sebagai perwakilan Pupuk Kaltim pada berbagai ajang maupun konvensi mutu di tingkat nasional hingga internasional.

Baca juga: Wisuda 49 Lulusan Program Vokasi, Pupuk Kaltim Siap Tingkatkan Pengembangan SDM di Indonesia

Hal ini sebagai bentuk dorongan agar inovasi yang dikembangkan semakin teruji, sehingga kedepan mampu memberikan dampak yang jauh lebih siginifikan bagi perusahaan.

"Sejauh ini inovasi Pupuk Kaltim tidak hanya mencapai prestasi di tingkat nasional, tapi juga internasional. Semoga semangat inovasi tidak berhenti, dan terus tumbuh berkesinambungan di tahun mendatang," tambah Meida.

Direktur Utama Pupuk Kaltim, Rahmad Pribadi mengatakan, inovasi merupakan investasi terbaik agar perusahaan mampu menjawab berbagai permasalahan, sekaligus menyesuaikan diri dalam menghadapi tantangan yang ada.

Inovasi juga salah satu upaya dalam mendorong kemajuan dan perkembangan perusahaan, utamanya dalam meningkatkan daya saing secara nasional maupun global.

Terlebih di era Turbulent, Uncertainty, Novelty and Ambiguity (TUNA) seperti saat ini, inovasi dan perbaikan berkesinambungan merupakan faktor kunci untuk menuju kesuksesan perusahaan menjadi industry leader.

Maka dengan PIA setiap tahun, Pupuk Kaltim senantiasa memastikan inovasi dan perbaikan dilaksanakan di semua lini secara berkala disamping sebagai sarana evaluasi proses bisnis serta aktualisasi dengan kondisi terkini.

Halaman
12

Berita Terkini