PT Indexim Coalindo Perkuat Posyandu untuk Cegah Stunting

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

PT Indexim Coalindo mendukung langkah Pemkab Kutai Timur untuk mengatasi masalah tingginya angka prevalensi stunting dengan memperkuat posyandu. Salah satu yang dilakukan ialah mendukung terselenggaranya kegiatan pemberian makanan tambahan.

TRIBUNKALTIM.CO - PT Indexim Coalindo mendukung langkah Pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk mengatasi masalah tingginya angka prevalensi stunting.

Angka prevalensi stunting di Kabupaten Kutai Timur tergolong tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Kalimantan Timur.

Angkanya masih berada di kisaran 27 persen.

"Kami mendukung melalui ujung tombak promosi kesehatan masyarakat, yaitu para kader posyandu. Salah satu yang dilakukan ialah mendukung terselenggaranya kegiatan pemberian makanan tambahan (PMT) di posyandu," kata Manajer CSR dan Community Development PT Indexim Coalindo, Ditto Santoso yang ditemui di sela-sela kegiatan penyaluran bantuan PMT di wilayah Kecamatan Kaliorang, Kutai Timur.

"Salah satu intervensi untuk mencegah stunting ialah dengan memberikan makanan tambahan bagi balita untuk memperkuat asupan gizinya. Seperti diketahui, kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal anak lahir. Namun stunting baru nampak setelah anak berusia 2 tahun."

Baca juga: Peduli Gempa Cianjur, PT Indexim Coalindo Kirimkan Tim Emergency Response dan Paramedis

Hal senada juga ditekankan oleh Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Kaliorang Sumarno saat dihubungi melalui WhatsApp,

"Bantuan PT Indexim Coalindo untuk PMT di posyandu membantu untuk mencegah terjadinya stunting. Kami berharap agar ragam makanan sehat berupa sayur-mayur dan buah-buahan dapat dipromosikan juga melalui PMT," ujarnya.

Tak hanya itu, Ditto dan Sumarno juga mendorong para ibu membawa balitanya secara rutin ke posyandu agar memperoleh edukasi dan memantau tumbuh-kembang anaknya.

Ibu dari balita harus memahami pengetahuan tentang kesehatan dan gizi sebelum kelahiran, pada masa kehamilan, dan sesudah melahirkan.

Baca juga: Didukung PT Indexim Coalindo, Waluyo Promosikan Ketahanan Pangan di Kutai Timur

Orang tua anak dan anggota keluarga umumnya juga harus memahami dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat yang harus diterapkan di lingkungan rumahnya, sehingga rumah dapat menjadi tempat tinggal yang sehat.

Kegiatan PT Indexim Coalindo sejalan dengan program AGAS (Aksi Gerak Cepat Atasi Stunting) yang dicanangkan oleh Bupati Kutai Timur H. Ardiansyah Sulaiman pada 8 Agustus 2022 lalu.

Saat ini PT Indexim Coalindo mendukung kegiatan PMT pada sejumlah posyandu di Kecamatan Kaliorang, Kaubun, dan Karangan. (*)

Berita Terkini