Berita Nasional Terkini

Update Semeru: 1.979 Jiwa Mengungsi, Jembatan Gladak Perak Lumajang Ambrol Akibat Awan Panas Guguran

AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Awan panas guguran Gunung Semeru telah mencapai jembatan gladak perak. Update Erupsi Semeru: 1.979 jiwa mengungsi dan Jembatan Gladak Perak Lumajang ambrol akibat awan panas guguran

TRIBUNKALTIM.CO - Update Erupsi Semeru: 1.979 jiwa mengungsi dan Jembatan Gladak Perak Lumajang ambrol akibat awan panas guguran.

Informasi terbaru dari bencana erupsi Gunung Semeru, jumlah pengungsi terus meningkat akibat peningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

Saat ini sebanyak 1.979 jiwa mengungsi di 11 titik  setelah terjadi Awan Panas Guguran (APG) dan peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Api Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (4/12/2022).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menaikkan status Gunungapi Semeru dari level III (siaga) menjadi level IV (awas).

Baca juga: Terbaru! Jepang Umumkan Status Siaga Akibat Gunung Semeru Erupsi, 2 Wilayah Terancam Terjadi Tsunami

Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merinci 11 titik pengungsian itu meliputi; 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip, 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip.

Kemudian sebanyak 131 jiwa di Balai Desa Penanggal, 52 jiwa di Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di Kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMP N 2 Pronojiwo.

"Sementara itu, wilayah yang terdampak APG Gunungapi Semeru meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro dan Desa Pasirian di Desa Pasirian,” ujar Plt Kapusdatin BNPB, Abdul Muhari, Minggu, (4/12/2022).

Ia menambahkan berdasarkan infirmasi terakhir, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Lumajang, Basarnas, TNI, Polri, relawan dan lintas instansi terkait terus melakukan upaya penyelamatan, pencarian dan evakuasi.

Selain itu, pihaknya juga membagikan 10.000 lembar masker kain, 10.000 lembar masker medis dan 4.000 masker anak untuk mengurangi dampak risiko kesehatan pernafasan akibat abu vulkanik.

“Sementara itu pendirian dapur umum sedang dalam proses oleh PMI dan Dinas Sosial,” pungkasnya.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Warga Lumajang Dievakuasi ke Pengungsian, Awan Panas Mengarah ke Tenggara

Jembatan Gladak Perak Lumajang Ambrol

Jembatan Gladak Perak Lumajang ambrol lantaran tersapu awan panas imbas erupsi gunung Semeru, Minggu (4/12/2022).

Jembatan Gladak Perak Lumajang sepanjang 120 meter merupakan salah satu jembatan unik di Pulai Jawa yang menghubungkan Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro, serta jalan lintas selatan Lumajang-Malang.

Pemkab Lumajang siapkan lokasi pengungsian bagi warga yang berada di sekitar Gunung Semeru (Facebook Thoriqul Haq)

Kehadiran Jembatan Gantung Gladak Perak membuat dua kecamatan tersebut kembali tersambung.

Halaman
1234

Berita Terkini