Dukung UMKM Bidang Kerajinan Samarinda, PNM Beri Pelatihan Manik untuk Puluhan Nasabah

Penulis: Rita Lavenia
Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Antusiasme nasabah PNM saat mengikuti pelatihan manik di Aula Daeng Mangkona, Kecamatan Samarinda Seberang.

TRIBUNKALTIM.CO - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Cabang Samarinda kembali melaksanakan pembinaan bagi puluhan nasabah binaan yang berdomisili di Kecamatan Samarinda Seberang.

Kegiatan yang digelar di Aula Daeng Mangkona, Kecamatan Samarinda Seberang, dan menghadirkan Siti Hawa sebagai narasumber ini dibuka oleh Manajer Bisnis Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) PNM Cabang Samarinda, Indra Laksana Hidayat.

Kali ini, pembinaan yang dilakukan PNM cabang Samarinda bertajuk "Pemahaman dan Praktik Teknis Manik" yang diberikan kepada 26 perajin manik di wilayah Samarinda Seberang.

"Kami melihat potensi usaha di Samarinda Seberang adalah kerajinan. Jadi hari ini ada manik. Ke depan mungkin pembinaan UMKM bidang tenun dan sarung Samarinda," ungkap Indra Laksana Hidayat.

Baca juga: PNM Samarinda Dorong Nasabah Binaan untuk Majukan Usaha Melalui Digital Marketing

Sebagai salah satu perusahaan yang memberikan modal dan pembinaan terhadap nasabahnya, PT PNM telah memiliki tempat di hati jutaan masyarakat Indonesia.

Hal ini terbukti dari banyaknya nasabah yang bergabung dan mendapatkan pembinaan dari PNM.

Indra Laksana Hidayat menyebutkan, untuk skala nasional PNM telah memiliki 13.000.500 nasabah.

"Di Samarinda ada 19 ribu nasabah dan untuk wilayah Samarinda Seberang ini kita memiliki 3.500 nasabah binaan," rincinya.

Selain di Samarinda, nasabah PNM juga ada di wilayah Kalimantan Timur lainnya, yakni untuk PNM ULaMM terdapat 4 unit di Samarinda dan 2 unit di Sangata dan Bontang.

Pembinaan yang dilakukan PNM bagi nasabah binaan yang berdomisili di Kecamatan Samarinda Seberang. (Tribunkaltim.co/Rita Lavenia)

Lalu untuk nasabah Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (MEKAAR) terdapat 8 unit yang terdiri dari 6 unit di Samainda yakni Palaran, Anggana, Samarinda Seberang, Samarinda Ulu, Samarinda Ilir dan Samarinda Utara, dan 2 unit di Sangata dan Bontang.

"Kami juga akan buka lagi untuk wilayah Kukar. Yakni Loa Janan, Separi dan Muara Badak," ungkapnya.

Baca juga: 17 Anak Nasabah PNM Samarinda di Bontang Diberi Bantuan WiFi dan Paket Gizi

Ia menambahkan, tujuan dari PNM adalah mendukung visi misi pemerintah untuk mengembangkan UMKM yang menjadi basic pertumbuhan ekonomi negara.

Pembinaan yang dilakukan PNM cabang Samarinda bertajuk "Pemahaman dan Praktik Teknis Manik" diikuti oleh 26 perajin (Tribunkaltim.co/Rita Lavenia)

Sebab, lanjutnya, perekonomian didukung oleh usaha mikro. Bahkan harapan PNM para pengusaha skala besar bisa membeli produk dari UMKM.

"Dengan begitu perekonomian Indonesia dapat terus bertumbuh," pungkasnya. (*)

Berita Terkini