Catatkan Rekor Baru di Usia yang Baru, PKT Siap Gempur Pasar Global

Editor: Diah Anggraeni
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mengusung tema 'Stronger Together for Our Future', momentum HUT ke-45 PKT ini sekaligus menjadi penanda babak baru pertumbuhan perusahaan.

TRIBUNKALTIM.CO - PKT sebagai salah satu produsen urea dan NPK terbesar di Asia Tenggara merayakan hari jadinya yang ke-45.

Mengusung tema "Stronger Together for Our Future", momentum HUT ke-45 PKT ini sekaligus menjadi penanda babak baru pertumbuhan perusahaan.

Pertumbuhan yang pastinya akan membawa PKT lebih dekat pada cita-citanya untuk menjadi yang terbaik di pasar Asia Pasifik.

Baca juga: Wujudkan Lingkungan Kerja Aman dari Covid-19, Pupuk Kaltim Raih Sertifikat ISO/PAS 45005:2020

Selama 45 tahun berkiprah, PKT juga telah menopang produktivitas pertanian dan ketahanan pangan bangsa.

Hingga November tahun ini, PKT sudah memastikan bahwa produksi dan distribusi pupuk aman untuk periode musim tanam pertama 2023 (Maret-April 2023).

Per tanggal 26 November 2022, sebanyak 108.917 ton stok pupuk urea bersubsidi dan 6.725 ton NPK formula khusus, serta 158.702 ton pupuk urea non subsidi dan 38.073 NPK non subsidi telah tersedia di gudang-gudang PKT yang tersebar di seluruh wilayah yang menjadi tanggung jawab pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi.

Berbagai usaha dan komitmen PKT untuk menjaga ketahanan pangan nasional sekaligus membuka peluang untuk menembus pasar global membuahkan hasil manis.

PKT berhasil membukukan kinerja keuangan yang impresif dengan mencetak laba Rp 12,94 triliun sampai akhir September 2022.

Baca juga: Tingkatkan Kesiapsiagaan Pengamanan Pelabuhan, Pupuk Kaltim-JVC Gelar Joint Exercise ISPS Code 2022

Sepanjang 1 Januari-31 Oktober 2022, PKT telah memproduksi pupuk urea 92 persen dari target sepanjang tahun sebesar 3,42 juta ton, NPK mencapai 102 persen dari target 250 ribu ton, ammonia sebesar 101 persen dari target 2,79 juta ton.

"Alhamdulillah. Pencapaian ini merupakan pencapaian tertinggi sepanjang sejarah. Tentunya berkat semangat, kinerja yang prima, dan kesiapan seluruh tim di PKT pada dinamika pasar. PKT mengapresiasi seluruh insan karyawan yang siap dan sigap dalam mengambil kesempatan dan memanfaatkannya dengan baik sehingga perusahaan bisa mencetak prestasi yang bersejarah sepanjang 45 tahun berdirinya perusahaan," ujar Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi.

Sebagai bentuk rasa syukur atas segala pencapaian positif yang telah diraih selama 45 tahun, PKT pun melakukan berbagai rangkaian perayaan di banyak daerah yang melibatkan sinergi dan kebersamaan dengan ragam stakeholder, seperti yang tersirat di tema HUT ke-45.

Beberapa di antaranya adalah lanjutan rangkaian kegiatan program Community Forest Penanaman Mangrove di wilayah pesisir Maratua, Kalimantan Timur.

PKT juga sekaligus melakukan program Konservasi dan Perlindungan Keanekaragaman Hayati, yaitu dengan penurunan dan transplantasi terumbu karang di Divesite PKT 45.

Ada pula gelaran Festival Medhayoh di Bojonegoro, Festival Pangan Lokal di Solo dan Festival UMKM di Gowa, Sulawesi Selatan.

Baca juga: Gelar PIA 2022, Pupuk Kaltim Capai Penghematan hingga Rp 66 Miliar

Halaman
12

Berita Terkini